Senin, 20 November 2017

KOMITMEN GSVL-MOR MAJUKAN KOTA MANADO, INI PENGHARGAAN DI BULAN SEPTEMBER 2017

MAJUKAN KOTA MANADO, KOMITMEN GSVL-MOR TERUS BERBUAH MANIS

INOVASI PEMANFAATAN INFORMASI GEOSPASIAL, MANADO TEMBUS 6 BESAR

PEMKOT MANADO membuktikan dukungan terhadap program Pemerintah Pusat, terkait pembangunan di berbagai sector dan peningkatan kesejateraan masyarakat. Dimana Pemkot Manado melalui Bapelitbangda berhasil masuk enam besar Penghargaan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial, yang diumumkan Badan Informasi Geospasial (BIG).

bapelitbang Manado

Kaban Bapelitbangda Pemkot Manado Liny Tambajong saat bersama tim yang terdiri dari staf Pemkot, ahli GIS, programmer, dan tenaga IT saat mempresentasikan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospatial di BIG Cibinong, 6 September 2017.

Pemanfaatan informasi geospasial oleh berbagai sektor semakin meningkat seiring kemudahan dan kecepatan teknologi berbasis spasial. Inisiatif penyediaan informasi geospasial telah banyak dilakukan secara mandiri oleh Pemerintah Daerah, salah satunya Kota Manado yang saat ini masuk 6 besar terbaik dari seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

Inovasi pemanfaatan informasi geospasial merupakan bentuk apresiasi BIG kepada simpul jaringan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam mengembangkan pemanfaatan informasi geospasial yang inovatif.

Seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No 4 Tahun 2014 tentang Informasi Geospasial khususnya pasal 2 huruf (c) dan pasal 2 huruf (f) menyebutkan Informasi Geospasial diselenggarakan berdasarkan asas keterbukaan dan kemanfaatan. Semakin mudahnya akses dan pertukaran terhadap informasi geospasial, proses pengambilan keputusan dapat berjalan dengan cepat dan tepat.

Pengembangan gagasan baru maupun penyempurnaan aplikasi yang sudah ada, menjadi kekuatan pendorong untuk memfasilitasi penyediaan informasi geospasial yang mutakhir dan dapat diakses oleh pengguna lainnya.

Nah, dari hasil Pleno Penilaian Tahap 2, didapatkan enam kabupaten/kota terbaik yang akan melanjutkan ke tahap ketiga yaitu visitasi atau kunjungan kepada masing – masing daerah diantaranya, Kabupaten Banyuwangi, Kota Bogor, Kabupaten Jepara, Kota Manado, Kota Semarang, Kota Surabaya.

Manado

Tampak salah satu slide presentasi materi Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Kota Manado

Prestasi tim inovasi pemanfaatkan informasi geospasial Pemkot Manado itu diapresiasi karena pencapaiannya yang luar biasa, didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan diandalkan.

Kepala Bapelitbangda Lini Tambajong terkait Manado mengatakan pencapaian tim sangat baik. Apalagi, didukung para staf Pemkot yang kreatif dan inovatif, ahli GIS, programmer, tenaga IT dan lainnya.

“Saya sangat senang, karena pencapaian ini tidak lepas dari kerjasama tim yang handal dan diandalkan. Mereka terdiri dari staf Pemkot yang kreatif dan inovatif, ahli GIS, programmer, tenaga IT dan beberapa lainnya. Selaku tim juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan yang telah membimbing tim ini. Semoga manado bisa tembus hingga tiga besar dan meraih prestasi tertinggi dalam lomba ini,” terang Tambajong.(t*)

WALIKOTA GSVL TERIMA PENGHARGAAN PMI PUSAT DI BOGOR

KEPEDULIAN yang tinggi Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA terhadap upaya penanggulangan bencana dan aksi-aksi kemanusiaan di Kota Manado ternyata mendapat perhatian khusus pihak Palang Merah Indonesia (PMI) pusat.manado

Buktinya, orang nomor satu di ibukota Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu dinilai sebagai pembina dan penggerak program tangguh bencana, sehingga diundang PMI Pusat untuk menerima penghargaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 PMI di Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat tepat Minggu (17/09) hari ini.

Penghargaan Peduli Bencana berbasis Masyarakat serta Peduli Kemanusiaan diserahkan Ketua PMI Pusat Prof DR Ginanjar Kartasasmita.manado

“Terima kasih saya atas nama pemerintah dan Walikota Manado atas penghargaan yang diberikan PMI Pusat. Penghargaan ini tentunya didedikasikan kepada masyarakat Kota Manado, yang berperan aktif membantu pemerintah kota dalam upaya penanganan bencana yang pernah terjadi di Manado, serta dukungan masyarakat atas aksi-aksi kemanusiaan yang dilakukan di Kota Manado,” ujar Walikota GSVL.

bogor

Lebih dari itu, sebagai orang yang percaya kepada Kemahakuasaan Tuhan, Walikota GSVL meyakini berbagai penghargaan yang diterima dimasa pemerintahan dirinya bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE semata-mata karena anugerah Tuhan.manado

“Penghargaan yang diterima Kota Manado selama ini, saya yakin karena doa masyarakat sehingga Tuhan memberikan anugerahNya bagi kita semua serta tak lepas peran serta semua kepala Perangkat Daerah dan ASN yang ada. Saya ajak mari kita bersyukur kepada Tuhan atas penghargaan ini, dan mari kita terus berinovasi dan buat karya terbaik untuk warga Kota Manado,” ujar suami tercinta Rektor Universitas Negeri Manado (UNIMA) Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA yang juga Ketua PMI Kota Manado.

Tak lupa juga Walikota GSVL yang turut didampingi mantan Ketua PMI Sulut James Karinda SH mengajak masyarakat Kota Manado, untuk terus memberikan dukungan dalam pelaksanaan pemerintahan dengan menjaga keamanan, kebersihan dan kerukunan di kota ini.(*)

BANGKITKAN MOTIVASI OLAH RAGA MASYARAKAT, GSVL DIGANJAR PENGHARGAAN

HARI OLAH RAGA NASIONAL (HAORNAS) 2017, menjadi bukti nyata akan perhatian Pemkot Manado terhadap olahraga di daerah ini. Terbukti Walikota GS Vicky Lumentut menerima penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga di Magelang, Jawa Tenga. Penghargaan tersebut diterima oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Laurens Umboh.manado

Dalam penghargaan tersebut, Walikota GSVL dinilai mempu menggerakan ASN, Pelajar dan Masyarakat dalam membankitkan olah raga. Seperti halnya pada Gowes 168 Kota di Indonesia, Manado menjadi peserta paling terbanyak.

Alhasil pada Haornas 2017 di Magelang, Walikota GSVL menjadi salah satu Walikota yang mendapat penghargaan dari Menpora.

“Penghargaan ini adalah untuk masyarkat Kota Manado. Kita bangkitkan semangat berolahraga. Karana olahraga akan membangkitkan inovasi dan semangat kita dalam bekerja,” ujar Walikota GSVL.

Untuk diketahui Manado terus melakukan inovasi membangun Kota Manado dalam segala bidang termasuk di dalamnya Sumber Daya Manusia.(liputankhusus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*