Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan ReligiLiputan Khusus

Menpora RI Imam Nahrawi Lepas Kirab Pemuda Dari Miangas

×

Menpora RI Imam Nahrawi Lepas Kirab Pemuda Dari Miangas

Sebarkan artikel ini

received_10203916546110258manadoterkini.com, SULUT – Wilayah kepulauan di Sulawesi Utara (Sulut) menjadi lokasi dimulainya kirab pemuda nasional dalam rangka menguatkan kebhinekaan tunggal ika dalam naungan merah putih dan Pancasila. Miangas sebagai garda terdepan Indonesia sebagai Zona 1 dimulainya kirab pemuda ini tahun 2017. Hal ini diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi saat melepas Kirab Pemuda di Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) Selasa (26/9/2017).

Lanjut Nahrawi, dilakukan kegiatan ini di Miangas dalam suatu pemikiran dan cita-cita dipulai miangas ini merupakan salah satu wujud dari nawacita progresnya presiden Jokowi. “pemerintah harus hadir dan menyapa, sehingga kehadiran saat ini patut disyukuri karena bisa bertemu dengan semua masyarakat dan sangat menyenangkan karena dapat langsung bertemu tokoh masyarakat serta petugas dan aparat yang berada di wilayah Minagas ini,” katanya.

Ditambahkan Nahrawi, kenapa dipilih lokasi pertama dari daerah ini, karena perjalanan dari pulau Miangas dan berakhir 8 desember di Blitar merupakan impelementasi presiden jokowi, dimana pulau terdepan perbatasan adalah mahkota yang harus dirawat dan disentuh dan negara hadir sehingga menjadi wujud nyata lewat bandara yang hadir, yang akan membawa cita cita besar anak bangsa untuk semakin optimis mengisi poembangunan masa depan Indonesia. “Kita terus menjaga daerah terdepan di Indonesia,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE yang diwakili Kadispora Sulut Janny Lukas MSi menyatakan atas nama Gubernur mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pihak penyelenggara dalam menjadikan Sulut sebagai lokasi pembukaan kirab pemuda, dimana dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pemuda yang ada di Sulut untuk semakin termotivasi sekaligus dalam pembangunan bangsa dan negara dapat berkontribusi aktif.

“Dengan adanya kegiatan ini rasa cinta tanah air dan nasionalisme dalam pemahaman kondisi saat ini dan dinamika kerja dapat terus terasa dalam mewujudkan Indonesia yang hebat,” jelas Lukas.

Ditambahkan Lukas bahwa kedatangan Menpora Nahrawi merupakan suatu bukti nyata dimana perhatian pemerintah pusat terus datang sampai ke daerah terdepan dipulau Miangas, yang berdampak rasa nasionalis semakin nyata dan tumbuh dalam semua masyarakat di Indonesia lewat kegiatan kirab pemuda ini. “Terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat untuk daerah Nyiur Melambai,” kata Lukas.

Untuk diketahui Menteri Pemuda dan Olahraga mengukuhkan 72 orang peserta inti. Kirab Pemuda 2017 yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia dengan berbagai latar belakang suku, agama dan rasnya.

Dimana para pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi menjadi peserta inti Kirab Pemuda 2017 ini akan merangkai perbedaan dan merangkai keanekaragaman dari Sabang sampai Marauke dan dari Miangas sampai Rote.

selain itu peserta Inti Kirab Pemuda 2017 zona I berangkat ke bandara untuk upacara di Titik Pangkal Zona I Miangas, pada 26 September 2017 terus bergerak ke barat Indonesia melewati Sabang dan berakhir di Blitar.

Selanjutnya peserta inti zona II berangkat pada 28 September 2017 dari Rote, Nusa Tenggara Timur melaksanakan upacara pelepasan di Titik Pangkal Zona ll terus bergerak ke timur Indonesia melewati Merauke dan berakhir di Blitar. Sebab, lanjutnya, acara puncak Kirab Pemuda 2017 akan dilaksanakan di Blitar pada 6-8 Desember 2017. (ons)