Senin, 9 Desember 2019

Seekor Paus Terdampar di Pesisir Pantai Sinonsayang

 

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Seekor ikan paus sperm berukuran besar terdampar di Pantai Desa Blongko Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Menurut Jopie Worek lewat akun Facebooknya memperkirakan Ikan Paus ini terdampar pada selasa (26/9/2017). Kondisi Ikan Paus tersebut saat ini Mati Lemas.

Berikut Tulisan Jopie Worek dalam akun Facebooknya. “Ikan Paus Sperm terdampar di pantai Desa Blonko Kec Sinonsayang Minsel, Selasa (26/9) dalam keadaan mati lemas. Ketika habitat mulai rusak oleh polusi jagat, mahluk- mahluk akan tersingkir dan tersesat kemudian mati. Sebuah pelajaran ekosistem kembali menjadi peringatan. Catatan, Paus terdampar ini merupakan yang kedua dalam dua tahun terakhir inibdi pesisir Minsel. #SelamatkanBumi” Isi Facebooknya.

Ia juga turut menyertakan 2 buah foto. Tampak sejumlah warga mulai ramai berfoto dengan ikan Paus tersebut.manado

Dalam penelusuran di wikipedia, Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia.

Paus ini dinamakan karena bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma. Kepala Paus Sperma yang besar dan bentuk keseluruhannya yang berbeda, ditambah lagi kemunculannya dalam novel Moby-Dick yang ditulis oleh Herman Mellville, membuatnya dikenal sebagai paus arketipe (archetype). (dav/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*