Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Bersaing Dengan 33 Provinsi, Sulut Sabet Dekranas Award 2017

×

Bersaing Dengan 33 Provinsi, Sulut Sabet Dekranas Award 2017

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, JAKARTA – Warga Sulawesi Utara (Sulut) patut berbangga. Pasalnya dibawah kepemimpinan Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, bendera Dekranasda Sulawesi Utara meraih Kerajinan Nasional (Dekranas) Award 2017 pada Pameran Kriyanusa Dekranas yang diselenggarakan di Balai Sidang, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Dekranas Award 2017 adalah penghargaan kepada provinsi yang dinilai berhasil mengangkat kearifan lokal. Ketua TP PKK Sulut mengatakan prestasi ini akan memberikan motivasi meningkatkan kegiatan kerajinan dan akan menggali lagi semua bentuk kerajinan khas daerah yang bisa ditonjolkan ditingkat nasional.

“Kita tunjukkan bahwa kerajinan dari Sulut ini tidak kalah dengan kerajinan dari provinsi lain yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Istri tercinta Gubernur Olly Dondokambey, SE ini mengaku sangat menghargai dan mensyukuri pencapaian ini, serta berharap kedepannya dapat lebih baik dan meningkat lagi. “Kedepan kita harus berusaha lebih baik dan terus menonjolkan potensi kerajinan Sulut,” pungkas Ibu Rita.

Ia berharap para pengrajin Sulut lebih bersemangat lagi dalam menggali dan mencari potensi untuk dapat dikembangkan. “potensi apa saja yang perlu dikembangkan kita sama-sama kembangkan,” harapnya.

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan pameran kerajinan bertajuk Kriyanusa 2017. Acara itu diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, mulai 27 September hingga 1 Oktober.

Kriyanusa merupakan ikon pameran kerajinan yang digelar oleh Dekranas. Para peserta pameran adalah Dekranasda, perajin binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peserta mandiri dan perwakilan pengrajin negeri sahabat anggota World Craft Council. Pameran Kriya Nusa 2017 berbarengan dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi, Pembina Dekranas Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla tiba di pameran kerajinan Nusantara. Kegiatan ini mengambil tema Tingkatkan Kreativitas Wirausaha Muda KriyaIndonesia. Turut hadir dalam acara pembukaan itu sejumlah Menteri Kabinet Kerja antara lain Mendag Enggartiasto Lukita dan Menteri BUMN Rini Soemarno, Menhan Ryamizard Ryacudu, Wakil Ketua Dekranasda Sulut, dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos dan Ketua DWP Sulut Dra. Ivonne Silangen-Lombok. (ons)