Minggu, 8 Desember 2019

Sudah Mengabdi Bertahun – Tahun, Nasib 400- san Honda K-2 Minsel Masih KJ

manadoterkini.com, AMURANG – Nasib ratusan Honor Daerah (Honda) Kategori 2 (K-2) yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) masih Kurang Jelas (KJ). Pasalnya, hingga saat ini nasib mereka yang sudah mengabdi bertahun-tahun sampai saat ini belum ada kepastian.

Kepala BKDD Minsel Drs Roy F T iwa saat dikonfirmasi mengungkapkan, ratusan Honda K-2 tersebut, belum bisa diangkat menjadi ASN.

“Karena saat ini, aturanya masih sementara di godok. Kita belum bisa memastikan, karena saat ini juga ditingkat kementerian, masih menyesuaikan dengan moratorium. Bahkan di daerah-daerah lain, malahan sangat banyak, karena aturanya memang masih sementara dirumuskan,” katanya.

Dia menjelaskan, Ada sekitar 400-san Honda K-2 ini masih bepeluang untuk diangkat menjadi ASN.
“Namun pada 2018 mendatang, mereka akan di samakan dengan ASN, dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K),” terangnya.

Jadi dikatakan Tiwa, tahun depan, jika memang sudah bisa melakukan pengangkatan, mereka tetap akan diangkat.

“Tetapi jika memang masih terbentur aturan, mereka akan di masukan dalam perjanjian P3K,” jelasnya.

Lanjut Dia, besaran gaji dari P3K tersebut, setara dengan gaji ASN. “Sehingga beban kerjanya juga sudah seperti ASN. Kontrak tahunannya juga dapat di perpanjang sesuai dengan kebutuhan dari Perangkat Daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Donald Audi Rewah salah satu Honda K-2 yang telah mengabdi sejak Minsel berdiri mengatakan sangat berharap akan peluang untuk dapat terakomodir menjadi ASN.

“Saya sudah lama mengabdi, sampai saat ini, masih belum ada kejelasan apakah masih bisa diangkat sebagai ASN dari jalur Honda. Semoga saja masih ada peluang,” harapnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*