Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kaban Liny: 2018, APBD Manado Diperkirakan 1,289 Triliun

×

Kaban Liny: 2018, APBD Manado Diperkirakan 1,289 Triliun

Sebarkan artikel ini
Renja
Kepala Bapelitbangda Manado Liny Tambanjong

manadoterkini.com, MANADO – Saat kita melakukan Musrenbang, hasil musrenbang 11 Kecamatan dan hasil dari reses Dewan, total usulan anggaran yang masuk itu Rp. 1.5 Triliun, kemudian total pagu indikatif Renstra pada tahun ke-2 yaitu sebesar 1,5 Triliun, sedangkan total berdasarkan eDevPlan yaitu sebesar 3,4 Triliun.Hal tersebut di sampaikan Kepala Badan Perencanaan,Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado Dr Liny Tambajong (Kaban Liny) saat membawakan laporan Pembahasan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) Tahun 2018 pada Senin (11/09/17).

Di jelaskan Kaban Liny, berdasarkan hasil Evaluasi Renja tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Bapelitbangda beberapa waktu yang lalu, untuk Sekretariat Daerah 11 Bagian, Renja telah sesuai dengan Renstra, dan 1 Bagian yang tidak ada kesesuaian antara Renja dan Renstra. dan usulan masih berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan masing-masing PD.

“Perkiraan ABPD Kota Manado tahun 2018 sebesar 1,289 T. Ini merupakan hasil prediksi dengan menaikkan 1o persen dari APBD tahun sebelumnya,” jelas Kaban Liny.

Untuk kecamatan, 8 Kecamatan program persampahan yang terpadat di Renja telah disesuaikan, sedangkan 3 Kecamatan tidak hadir dalam pendampingan evaluasi renja. Badan dan Lembaga Teknis, 7 Badan dan lembaga, Renja dan Renstra telah sesuai, sedangkan 2 Badan dan Lembaga tidak ada kesesuaian.

Untuk Dinas Kaban Liny menjelaskan terdapat 7 Dinas yang Renja telah sesuai dengan Renstra, 5 Dinas yang Renja dan Renstra tidak sesuai, dan 1 Dinas yang Renjanya disesuaikan.

“Jadi setelah kegiatan ini diberikan kesempatan lagi kepada PD untuk membicarakan kembali usulan-usulan yang terdapat pada Renja PD dan menentukan rencana prioritas,”tutup Kaban Liny. (