Gelar Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi, Pordasi Gandeng TNI

berkudamanadoterkini.com, MANADO – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT ) TNI ke 72 Tahun 2017, Pordasi Sulut bekerja sama dengan jajaran TNI AD, AL dan AU serta dikoordinasikan Kodam XIII Merdeka menggelar perlombaan Pacuan Kuda terbuka yang memperebutkan Piala Panglima TNI yang bertempat di Gelanggang Pacuan Kuda God Bless Paniki Kota Manado Propinsi Sulawesi Utara.

Dalam hal ini Dijelaskan Letkol Inf. Theo Kawatu Ketua Panitia Lomba Pacuan Kuda Piala Panglima TNI, saat Konferensi Pers di Hotel Paninsula (02/10), Tujuannya dari kegiatan ini dalam rangka HUT TNI ke 72, dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat melalui olah raga berkuda yang telah menjadi olah raga budaya warga Sulawesi Utara.

Selain itu juga, kegiatan tersebut diharapkan menjadi bagian dari pembinaan olah raga prestasi berkuda di daerah ini yang telah menjadi primadona sejak lama. Inilah peran TNI dalam meningkatkan prestasi olah raga berkuda, tegas Aster Kasdam Kodam XIII Merdeka ini.

Masih Ditempat yang sama, Ferry Wowor Ketua Umum Pordasi Sulut mengatakan, lomba pacuan kuda dalam rangka HUT TNI ke 72, diakuinya sangatlah berbeda dari perlombaan yang dilaksanakan selama ini. Baik dari segi tatacara pelaksanaan hingga pada teknis kegiatan lomba yang dapat dikatakan dikelolah secara profesional bertaraf Internasional.

Bahkan oleh kerja keras seluruh panitia, maka lomba kali ini akan ditayang dalam bentuk layar lebar berupa LED TV, yang dibantu dengan 4 unit CCTV yang ditempatkan diseluruh track yang akan dilewati kuda pacu. Sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung perkembangan dari perlombaan yang sedang berlangsung secara lengkap mulai dari start hingga finish.

Ditambahkan Wowor, lomba kali ini diikuti oleh 45 ekor kuda yang telah dipilih dan merupakan kuda-kuda yang biasa mengikuti kejuaraan tingkat Nasional (Kejurnas ) dan akan berpacu dalam 7 race.

“Kejuaraan ini juga diikuti Propinsi DKI, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Sulut sebagai tuan rumah yang menurunkan 12 ekor kuda terbaiknya akan memperebutkan Piala Panglima TNI pada Tanggal 7 Oktober 2017 mendatang di Gelanggang Pacuan Kuda God Bless Paniki Kota Manado,” ujar Wowor.

Selain Pacuan Kuda, juga dilombakan Pacuan Roda Sapi yang memperbutkan 1 ekor sapi, dan Lomba Bendi Kalaper sebanyak 3 race yaitu Race 300 M, Race 400 M dan Race 800 M. Bagi kuda pemenang akan mendapatkan Piala Panglima TNI, Piala Gubernur Sulut, Piala Kodam XIII Merdeka, Piala Danlantamal VIII Manado , Piala Kapolda Sulut, Piala Danlanudsri dan Piala Walikota Manado dan uang pembinaan dengan total hadiah Rp. 110 Juta.(Pra)

Gelanggang Pacuan Kuda HUT TNI Kodam XIII/Merdeka Pordasi Sulut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan