Turut Menjaga Biota Laut, OLLY DONDOKAMBEY Ikut Menyelam di Perairan Selat Lembeh

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE mengimbau para nelayan dan masyarakat untuk menjaga ekosistem di laut.

Dalam kunjungannya ke Kota Bitung senin (9/10/2017) Olly bersama Walikota Bitung Max Lomban, Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Eddy Setiawan melepaskan puluhan ekor tukik (anak penyu) ke laut. “Kita harus peduli menjaga biota laut termasuk penyu,” kata Olly usai melepas tukik di Pangkalan Satkamla TNI AL Bitung.

Selain penyu, Olly juga mengharapkan pelestarian terumbu karang di perairan Selat Lembeh Bitung. Ia didampingi para penyelam lainnya ikut menanam bibit terumbu karang.

Menurutnya terumbu karang memiliki manfaat besar. Dimana bukan saja sekedar menjadi tempat hidup dan berkembang bagi biota laut belaka, akan tetapi mempunyai peran dan fungsi yang tidak bisa kita remehkan bagi lingkungan secara keseluruhan (baik di laut, pesisir maupun darat), serta bagi kehidupan manusia.

“Dengan melihat begitu besarnya manfaat terumbu karang bagi lingkungan dan manusia untuk itu saya mengajak mari kita jaga dan lestarikan bersama,” katanya.

Sebelumnya, Walikota Bitung Max Lomban menerangkan kegiatan transplantasi terumbu karang dan pelepasan tukik di perairan Bitung telah berulangkali dilakukan.

“Setiap tahun kami selalu melakukan tranplantasi terumbu karang di kawasan konservasi laut seluas 10 ribu hektar. Termasuk dengan melepas tukik dan ikan kerapu,” ujarnya.

Kegiatan itu turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Ir. Ronald Sorongan dan masyarakat Bitung. (red)

FPSL 2017 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Pemkot Bitung Selat Lembeh

Posting Terkait

Tinggalkan pesan