Wabup Lengkong Buka Rangkaian HUT ke-361 Desa Tumaluntung

manadomanadoterkini.com, AIRMADIDI-Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Ir Joppi Lengkong, Sabtu (7/10/2017), secara resmi membuka rangkaian HUT Ke-361 Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan. Menariknya ini pertama kali Pemerintah Desa dibawah pimpinan Hukum Tua Ifonda Nusah, menggelar perayaan HUT Desa yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2017 mendatang.

“Dalam sejarahnya Desa Tumaluntung menjadi salah satu desa tertua di Provinsi Sulut khususnya Kabupaten Minut, Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah dan Masyarakat desa yang akan merayakannya, dan Saya berharap rangkaian kegiatannya dapat berjalan dengan baik dan sukses,” ujar Wabup Lengkong, yang didampingi Ketua TP PKK Minut Jeivi Lengkong STh, saat melepas peserta jalan sehat tingkat desa.

manadoSementara itu, Hukum Tua Desa Tumaluntung Ifonda Nusah menjelaskan, penentuan usia desa dilakukan dengan kajian sejarah sejak tahun 2013, yang melibatkan para akademisi, tua-tua kampung, Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulut. Dimana, dari penelitian panjang akhirnya membuahkan hasil.

“Dari penelitian tersebut diketahui bahwa peradaban di Desa Tumaluntung telah dimulai sejak tahun 1656. Dan kenapa HUT Desa jatuh pada tanggal 9 Desember, itu sesuai kesepakatan masyarakat, dimana tanggal tersebut adalah tanggal pelantikan Saya sebagai Hukum Tua, itu karena Saya yang mempelopori pencarian sejarah desa, maka dipilih tanggal tersebut. Dan hasil penelitian tersebut disahkan melalui Peraturan Desa,” terang Nusah.

Ditambahkan Hukum Tua Ifonda Nusah, rangkaian HUT desa digelar beberapa lomba seperti lomba palakat, lari karung, dansa wals dan sebagainya, yang akan dirayakan secara meriah. Kedepan menurutnya, ada lomba-lomba budaya, acara puncak ada ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) besar dengan artis rohani, malam budaya, pidato bahasa daerah, fashion show lansia dan sebagainya.(Pow)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan