TP PKK Sulut Sukses Melaksanakan GerTam ‘Rica’ di Desa Bukaka

 

manadomanadoterkini.com, SULUT – Sekretaris TP PKK Pusat Ir. Rosi Rosana Septimurni, M.Kes mengunjungi Desa Bukaka Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Septimurni ditemani langsung oleh Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan.

TP PKK Pusat memuji program dari TP PKK Sulut. Menurut Septimurni tujuan Gertam Cabai adalah untuk mengantisipasi harga cabai yang melonjak tinggi. ”Mudah-mudahan Gertam Cabai ini bisa diikuti dengan gerakan-gerakan yang bermanfaat lainnya, karena kita punya program Hatinya PKK ” katanya.

Sementara itu, TP PKK Sulut mengatakan kedatangan mereka ke Boltim untuk mengetahui bagaimana keberhasilan dan efektivitas Gerakan Tanam (Gertam) Cabai. “Hasil monitoring sangat menggembirakan. Bibit cabai yang disebarkan dan dibagikan telah tumbuh dan berbuah dan telah dinikmati hasilnya oleh rumah tangga di Boltim,” kata Rita Tamuntuan.

Ia mengapresiasi Gertam Cabai di Boltim. Menurutnya PKK berperan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program itu. Dengan adanya program ini ibu-ibu langsung memetik dan memasaknya tanpa membeli ke pasar. ”Saya berharap bisa menjadi cobtoh daerah lain di Sulut. Tanami cabai dipekarangan rumah,” katanya.

Diketahui, sebagai implementasi Gertam Cabai, Pemkab Boltim melalui Dinas Pangan pada APBD Tahun 2017 telah mengalokasikan bantuan, sebanyak 10 desa yang tersebar di 6 Kecamatan dwngan sasaran dasawisma atau TP-PKK Desa.

Disamping itu bantuan bibit cabai dari BPTP Provinsi Sulut sebanyak 2000 pohon yang dialokasikan di dua desa yaitu Desa Iyok di Kecamatan Nuangan dan Desa Bukaka di Kecamatan Kotabunan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Boltim, Ny Nursiwin Landjar-Dunggio mengaku optimis kunjungan dari TPP PKK Pusat dan Sulut itu dapat menunjang keberlangsungan serta keberhasilan Gertam Cabai di Boltim.

“Terima kasih atas kunjungan dari TP PKK Pusat dan Provinsi, kiranya kunjungan ini dapat berkelanjutan dalam rangka pembangunan kabupaten Boltim secara keseluruhan,” ucap Nursiwin.

Agenda itu turut dihadiri Wakil Bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit dan pengurus PKK Sulut. (red)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan