Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Studi Komparasi, DPRD Provinsi Gorontalo Bertandang ke Pemprov Sulut

×

Studi Komparasi, DPRD Provinsi Gorontalo Bertandang ke Pemprov Sulut

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw dan Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS berterima kasih atas kunjungan DPRD Gorontalo dalam rangka studi komparasi kehumasan.

Suasana akrab begitu terasa saat berlangsungnya studi komparasi DPRD Provinsi Gorontalo terkait penyebarluasan informasi tentang kegiatan pemerintahan yang digelar di Ruang WOC Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Jumat (20/10/2017) pagi.

Pasalnya, seluruh peserta yang hadir tanpa dikomando langsung bertepuk tangan usai Kepala Biro Umum yang juga Plt. Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Clay Dondokambey SSTP MAP menyapa rombongan dari provinsi berjulukan Bumi Maleo itu dengan sebutan “Saudara Kandung”.

Panggilan itu terucap bukan tanpa alasan. Secara histori, Gorontalo lahir dari pemekaran Bumi Nyiur Melambai. Bahkan secara rumpun bahasa dan kebudayaan keduanya banyak memiliki kesamaan. “Kita hanya terpisah secara administratif,” ucap Clay.

Clay melanjutkan, bahwa berdasarkan peraturan daerah nomor 2 tahun 2017 telah terbentuknya OPD baru antara Humas dan Protokol sehingga menjadi satu instansi. Dimana fungsi Protokol dan Humas merupakan tugasnya adalah pendampingan, sehingga untuk pelaksanaan program di Biro PKKP bisa terlaksana dengan baik. Begitupun dengan adanya media pada kami yaitu JIPS yang menjadi bagian mitra keluarga besar dari Biro PKKP.

Dijelaskannya pula bahwa dengan kemitraan bersama JIPS selama ini telah memberikan kontribusi besar bagi jalannya pemerintahan provinsi, baik pemberitaan secara terbuka untuk publik.

“Ini juga menjaga jangan sampai ada suatu kebenaran ditutup-tutupi itu merupakan kebohongan, dan kebohongan yang diberitakan terus akhirnya jadi pembenaran. Yang pasti hubungan kami terjaga dan insan persnya tetap independen,” tandasnya.

Adapun beberapa poin penting dari hasil pertemuan ini diantaranya seperti yang disampaikan Ketua Rombongan yang sekaligus Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo Firman Soenge. Menurutnya, dalam menyerap informasi masyarakat Gorontalo, pihaknya melakukan pertemuan sebulan sekali, acaranya sejenis coffe morning dengan melibatkan unsur perwakilan masyarakat, SKPD serta tak lupa para awak jurnalis, “Di rumah kopi aspirasi Langsung diserap dan ditanggapi SKPD dan di publikasikan, kalo tunggu reses nanti tiga bulan sekali,” ungkapnya.

Turut hadir sejumlah staf dari DPRD Provinsi Gorontalo, anggota JIPS dan juga Kasubag Fasilitasi Mas Media, Delfris Walangitan dan Kasubag Publikasi, Mario Wuisan, beserta staf di Biro PKKP Sulut.(red)