14 Parpol Peserta Pemilu Diteliti KPUD Minsel

manadoterkini.com, AMURANG – Sebanyak 14 partai politik (Parpol) yang mendaftarkan diri mulai diteliti Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Hal ini setelah mereka memasukan administrasi kepengurusan beberapa waktu lalu.manadomanado

Menurut Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan, dari 14 parpol ini empat di antaranya peserta baru.

“Yakni Perindo, PSI, Partai Garuda dan Partai Republik. Saat ini kami sementara melakukan penelitian administrasi,” katanya.

Lanjut Dia, untuk syarat keanggotaan parpol di Minsel adalah 221 dengan kepengurusan di minimal 17 kecamatan.

“Kami menerima salinan KTP dan KTA sesuai sistem informasi partai politik (sipol) dari KPU RI. Pun saat ini, kami sementara melakukan penelitian berkas sesuai yang didaftarkan pengurus DPP partai masing-masing melaui sipol ini,” ujarnya.

Salah satu hal yang diseriusi pihaknya, tambah Pangemanan, adalah potensi pengurus ganda di masing-masing partai.

“Intinya harus memasukan sesuai dengan sipol dari pusat. Tidak boleh kurang maupun lebih. Nantinya kami akan mecatat hasil verifikasi, untuk parpol melakukan tahapan perbaikan ketika terjadi kekeliruan sebelum masuk pada tahapan ferivikasi faktual,” ujarnya lagi.

Diketahui, sesuai jadwal, 17 Oktober sampai 15 November merupakan tahapan penelitian administrasi. KPUD akan menyampaikan hasilnya pada 17 November mendatang. Nantinya ditindaklanjuti parpol sampai 1 Desember mendatang. Selanjutnya KPUD pada 15 Desember akan menyerahkan hasil penelitian ke KPUD Provinsi.

Sementaara itu, Panwaslu Minsel berkomitmen melakukan pengawasan sesuai prosedur untuk mendukung KPUD. Hal ini diungkapkannya Panwaslu Minsel Franny Sengkey .

“Kami mengambil langkah menyurat berupa imbauan terlebih dahulu. Bahwa setiap tahapan harus sesuai dengan UU. Dalam pengertian dalam perjalanan tahapan, kami selalu melakukan pengawasan secara langsung,” tandasnya.(dav)

KPUD Minsel Partai Politik Pemilu

Posting Terkait

Tinggalkan pesan