Sabtu, 16 November 2019

Rayakan HUT Ke-806 Desa Sawangan Tertua di Minut

sawangan

Pemasangan lilin HUT.(foto:stenlypow)

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Wanua atau Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi, Sabtu (11/11/2017), akhir pekan kemarin, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-806. Akan hal ini, Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Ir Joppi Lengkong, menyatakan Desa Sawangan adalah desa tertua.

“Mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Saya meyampaikan banyak selamat bagi wanua Sawangan, yang berhari ulang tahun. Ini luar biasa dan dengan usia yang mencapai 806 tahun, kesimpulan sementara Saya, Desa Sawangan adalah desa tertua di Minahasa Utara, dan ini perlu dicatat dalam sejarah Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Wabup Lengkong.

Lanjutnya, diambil kesimpulan sementara, karena dari hampir semua desa yang dihadirinya saat hari ulang tahun, Desa Sawangan yang telah berusia sampai 800-an tahun.

sawangan

Pelepasan balon (foto:stenlypow)

“Rata-rata desa yang ada, berusia 200 sampai 300-an. Kalau tidak salah ada desa yang sampai 700-an, yakni Desa Tanggari. Namun masih lebih tua Desa SawanganNamun masih lebih tua Desa Sawangan,” kata Wabup, sembari mengajak masyarakat Desa Sawangan, untuk menjaga keutuhan dan persatuan.

Wabup Lengkong juga mengingatkan agar menjaga kelestarian alam dan mengolah hasil pertanian seperti kelapa dan buah durian. Begitu juga dengan sektor pariwisata, dimana kunjungan wisatawan semakin meningkat, antara lain kunjungan di lokasi cagar budaya Waruga dan juga olah raga ektrim yakni arung jeram.

Sementara itu Hukum Tua Desa Sawangan Stendry Wangke SH mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Bupati yang diwakili Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong yang berkenan hadir dalam ibadah ucapan syukur HUT Ke 806 Desa Sawangan.

“Sejarah Desa Sawangan ini telah dikaji oleh akademisi dan melibatkan orang-orang tua kita, dan sejarah itu dilengkapi dengan bukti-bukti, dan tentunya kami sangat bangga. Perayaan HUT Desa Sawangan, juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain lomba bola voli, motorcross, arung jeram, dan akan diakhiri dengan ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani,” ungkap Kumtua Stendry Wangke SH.

Hadir juga dalam ibadah ucapan syukur HUT Ke-806 Desa Sawangan, Wakil Ketua DPRD Minut Drs Denny Wowiling MSi, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat serta Pemerintah Desa DR Cakra Gundo, Camat, Direktur PD Klabat, para tamu undangan dan seluruh masyarakat Desa Sawangan.(Pow)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Sayangnya, Lokasi cagar budaya perbakala Waruga belum terawat dengan baik dan masih sulit untuk di promosikan sebagai Tempat Wisata sejarah budaya purbakala. Padahal sangat potensial sekali sebagai tempat wisata bagi peneliti-peneliti budaya purbakala ataupun para ahli arkeologi, Jika saja sarana dan Prasarana cukup memadai serta diikuti dengan penataan desa yang asri, bersih dan mempunyai atribut tanda masuk Desa baik dari Airmadidi maupun dari Tondano berupa gapura selamat datang di Desa Wisata Cagar Budaya Purbakala dan Arung Jeram Ekstrim dan potensial sekali membuka arena Motocross diwilayah perbatasan Tumaluntung dan bahkan jika bisa dibuka akses jalan tembus ke Tumaluntung…wah…daaaan…sudah tentu kebiasaan warga yang suka menenggak captikus perlahan harus dihilangkan karena cap tikus dapan menjadi alasan orang memaki-maki, cari gara gara antar teman sendiri bahkan dengan orang lain dan secar cepat harus ditumbuhkan mindset warga agar tidak membuang sampah sembarangan baik dipekarangan, di jalan, di kebun terutama di daerah aliran sungai. “Jadikan Daerah Aliran Sungai layaknya halaman depan kita dan jangan dijadikan halaman belakang rumah kita alias tempat membuang segala bentuk kotoran”… Selamat Hari Ulang Tahun Desa Sawangan ke 806…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*