Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Mitra Galar Sosialisasi Inovasi

×

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Mitra Galar Sosialisasi Inovasi

Sebarkan artikel ini

mitramanadoterkini.com, RATAHAN – Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Pemkab Mitra, yang digagas oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah dihadiri Deputi bidang inovasi administrasi negara,Lembaga Administrasi Negara RI Dr.Tri Widodo Wahyu, dibuka secara resmi oleh Asisten III Drs Piether Owu mewakili Bupati, di Grand Puri, Manado, Kamis (23/11/2017).

Dalam sambutannya asisten III mengatakan kegiatan Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong instansi pemerintah memberikan pelayanan publik yang berinovasi.

“Inovasi merupakan aspek penting dalam akselerasi pembangunan jangka panjang. Lebih mudah mencapai tujuan. Birokrasi berkelas dengan inovasi,”kata Owu.

Lanjut Owu, perlu peningkatan kinerja pelayanan publik karena ekspektasi masyarakat sangat tinggi. “Bupati berharap aparat Pemda dapat meningkatkan prestasi pelayanan publik. Semua kepala SKPD harus melakukan banyak prestasi, dibutuhkan suatu doktrin atau informasi baru terkait dengan pelayanan publik,”terang Owu.

Sambutan deputi bidang inovasi administrasi negara,lembaga administrasi negara Dr.Tri Widodo Wahyu mengatakan,konteks sosialisasi sangat penting dan bukan kegiatan sesaat tanpa follow up, tapi merupakan satu langkah kecil dari lompatan di masa yang akan datang.”Inovasi bisa lahir dari 4 sumber yaitu DPRD, Masyarakat, SKPD dan dari ASN,”katanya.

Lanjut Wahyu,Inovasi berasal dari SKPD dan ASN dan harus diusulkan kepada pimpinan. Kepala SKPD harus menyampaikan ke badan litbang untuk direview apakah sesuai kebutuhan, dapat dilakukan dan dapat mengakselerasi pembangunan, usulan dinilai layak atau tidak.

“Jika layak usulan harus mendapat penetapan berupa keputusan Kepala Daerah. Tahap selanjutnya adalah implementasi penetapan. inovasi baru dituangkan dalam perda atau perkada. Setelah diimplementasi harus dievaluasi apakah berhasil mendatangkan manfaat bagi masyarakat atau tidak. 2018 harus semua daerah melakukan inovasi,”terang Wahyu.

Ditambahkannya bahwa tahun 2018 Kabupaten Mitra kiranya siap menjadi lumbung inovasi dan sejajar dengan daerah-daerah paling inovatif di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten II Drs Robby Ngongoloy, tim dari LAN RI,Pelaksana Bagian Organisasi setda,pejabat eselon II dan III.(Jay)