Selasa, 19 November 2019

Jalur Perseorangan Sepi,Dukungan 10 Persen KTP Urungkan Niat

Mitramanadoterkini.com, RATAHAN — Pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan sepi. Belum satupun kandidat dari jalur non partai atau independen menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mitra, hingga Jumat (24/11) pekan lalu.

Padahal dalam beberapa pekan terakhir, KPU sudah membuka pendaftaran balon bupati dan wakil bupati jalur independen. “Belum ada ada yang mendaftar sampai dengan hari ini,” ujar Ketua KPU Mitra Ascke Benu, Minggu (26/11).

Kondisi ini menurut Benu, ditengara sejumlah syarat yang memberatkan jalur independen. Semisal harus memenuhi dukungan Kartu Tanda enduduk (KTP) 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di tujuh Kecamatan. Mungkin itu yang menurut Benu, mengurungkan niat kandidat jalur non partai. “Kami sebagai penyelenggara tidak tahu apa alasannya. Mungkin itu syarat dukungan 10 persen,” ujar Benu.

Lanjut dikatakan Benu, berpotensi besar jalur perseorangan tidak ada pendaftar. Lantaran tidak lebih dari tiga hari lagi pendaftaran balon bupati dan wakil bupati jalur independen akan ditutup. “Ditutup Tanggap 29 November,” kata Benu. (Jay)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*