Senin, 18 November 2019

Ciptakan Wartawan Profesional, PWI Sulut Gelar UKW di Minsel

manadoterkini.com, AMURANG – Uji Kompentensi Wartawan yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Panitia lokal,di Balai Wartawan Manado pada 29-30 November 2017, untuk meningkatkan profesional sebagai pekerja pers. Dimana kegiatan UKW angkatan ke XVI ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kualitas kerja wartawan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan dibuka oleh Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan.

“Ini UKW ke-16 yang dilaksanaksn PWI Provinsi Sulut bersama pemerintah Kabupaten Minsel, melalui panitia. Tujuannya, selain meningkatkan profesionalisme wartawan anggota PWI dalam menjalan tugas, juga sebagai salah satu cara untuk memfilter mana wartawan yg beneran dan mana yang tidak,” tutur Voucke Lontaan.

Ditambahkannya pelaksanaan UKW kategori muda ini diikuti oleh 26 wartawan baik media cetak, elektronik dan media siber dari Kabupaten Minsel. Hasilnya, 24 wartawan dinyatakan berkompeten dan 2 di antaranya belum berkompeten. Kegiatan ini juga merupakan salah satu aturan dewan pers.

“Dalam keseharian kita, jadi wartawan itu harus cerdas diatas rata-rata masyarakat. Karena kita ingin menyuguhkan informasi, kita ingin menyuguhkan edukasi kepada masyarakat,”ujaranggota Komisi Pendidikan PWI Pusat, Fathurachman.

“Kegiatan pembelajaran terjadi dalam proses pengujian ini. Kalau kemudian ada yang belum kompeten dan yang sudah kompeten, itu merupakan bagian dari proses pengujian. Pengujian ini merupakan potret keseharian kita sebagai wartawan,” kata Fathurachman.

Dirinya berharap pengayaan-pengayaan yang dilakukan selama dalam proses pengujian ini, akan menjadi bagian dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan.

Mendampingi Fathurachman, tim penguji juga menghadirkan sejumlah wartawan senior PWI lainnya diantaranya Susilastuti, Uyun Achadiat dan Ahmad Istiqom.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*