Selasa, 12 November 2019

Tunjang Pengembangan Pariwisata, PUPR Sulut Genjot Pembangunan Infrastruktur

manadomanadoterkini.com, SULUT - Selain jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebagai instansi yang berperan penting dalam percepatan pembangunan infrastruktur daerah juga menunjang pengembangan sektor pariwisata. Demikian diungkapkan Plt Kadis PUPR Sulut Steve Kepel ST MSi, pada Hari Bakti PU ke 72, Senin (4/12/2017).

Dikatakannya, Dinas PUPR Sulut telah merencanakan Pembangunan Jalan Akses Pariwisata Bandara Internasional Sam Ratulangi – Likupang. Pembangunan jalan ini direncanakan dimulai pada tahun 2018 dan dapat berfungsi pada tahun 2019, dengan prakiraan anggaran Rp500.000.000.000,00 dengan panjang kurang lebih 36 Km; lebar jalan 20 meter.

“Dengan terwujudnya akses jalan ini maka koridor Bandara Internasional Sam Ratulangi menuju Likupang diharapkan dapat menjadi salah satu kawasan utama dalam pengembangan pariwisata dan percepatan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara,” tuturnya.

Selain beberapa proyek strategis tersebut, Dinas PUPR Sulut telah mengadakan alat pemanen eceng gondok Amphibious Excavator Mini (Truxor DM 5045) sebanyak dua unit di tahun 2017 ini dengan nilai anggaran Rp6.762.500.000,00. Dengan pengadaan alat ini diharapkan eceng gondok yang merupakan momok bagi kehidupan ekosistem di pesisir Danau Tondano dapat teratasi.

“Guna menunjang beroperasinya alat tersebut juga telah disiapkan pula Pembangunan Hanggar Alat Pengangkat Eceng Gondok dan direncanakan akan dioperasikan pada Desember 2017 ini,” tukasnya.(red)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*