Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa TenggaraPemerintahan

Hadiri Peringatan HKN ke-53 di Minahasa Tenggara, OD Bacakan Pesan Menteri Kesehatan

×

Hadiri Peringatan HKN ke-53 di Minahasa Tenggara, OD Bacakan Pesan Menteri Kesehatan

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Minahasa Tenggara, Senin (4/12/2017) pagi. Pada agenda yang bertajuk Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku itu, Gubernur Olly membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K).HKN

Olly menerangkan tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan Keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai dengan Undang-undang nomor 36 tahun 2009. Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan,” kata Olly.

“Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat mulai dari lingkungan keluarga,” lanjut Olly.HKN

Selain itu, masih dalam sambutan, Gubernur Olly juga menjelaskan, selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

“Melalui Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” ujar Olly lagi.

Adapun kegiatan itu turut dihadiri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, para pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Mitra.(*/red)