Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Manado Raih Kategori Utama Kota Cerdas, Walikota GSVL Diundang Terima Penghargaan di Istana Wapres

×

Manado Raih Kategori Utama Kota Cerdas, Walikota GSVL Diundang Terima Penghargaan di Istana Wapres

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Kerja keras seluruh Perangkat Daerah mewujudkan Visi Manado Kota Cerdas 2021 di bawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Manado dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, sekali lagi mendapatkan pengakuan Pemerintah Republik Indonesia. manado

Setelah meraih Bhumandala Award kategori Inovasi Terbaik Pemanfaatan Informasi Geospasial pada Oktober lalu melalui Bapelitbangda, Dinas Kominfo Kota Manado yang mengikuti kompetisi Rating Kota Cerdas (RKCI) 2017 mulai dari babak penyisihan, visitasi finalis, dan presentasi para finalis di forum Indonesia Future City secara resmi dinyatakan sebagai salah satu dari Kota Penerima Penghargaan Kategori Utama Rating Kota Cerdas Indonesia.

Penilaian Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 merupakan kegiatan dua tahunan yang dilakanakan oleh Smart City and Community Innovation Centre (SCCIC) Institut Teknologi Bandung. Untuk tahun 2017, Kota Manado mulai mengikuti tahapan kompetisi sejak Pengisian Kuesioner 15 Mei -16 Juni 2017, disusul kunjungan/visitasi terhadap 30 kota yang lolos seleksi Final dan dilanjutkan presentasi Indonesia Future City (IFC) di Indonesia Covention Exhibition (ICE) Building, BSD Tangerang-Banten (20/9/2017).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Erwin Kontu, SH, membenarkan informasi ini. “Kami sudah menerima tembusan pemberitahuan dari Rektor ITB kepada Walikota Manado melalui Surat Nomor 1286/1.B05/LL/2017 tertanggal 27 November 2017 tentang Pemberian Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia. Pemberian penghargaan untuk Kota Manado akan dilaksanakan pada Senin, 11 Desember 2017 di dua tempat berbeda yaitu di Istana Wakil Presiden untuk Penganugerahan Kategori Utama Kota Cerdas Indonesia dan di Gedung Dhamapala untuk Penghargaan Tambahan RKCI dari Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Menteri Kominfo, dilanjutkan masing-masing dengan Talk Show usai pemberian penghargaan,” urai Kontu.

manadoMenurut Kadis Kontu, pemberian penghargaan ini sekaligus menunjukkan skema pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Manado sudah berada pada jalur yang tepat, baik untuk pengembangan maupun pemanfaatan.

Menurutnya, penghargaan ini selain merupakan pengakuan terhadap langkah strategis Pemkot Manado dalam pengembangan TIK, tetapi juga menunjukkan Visi Manado Kota Cerdas Tahun 2021 adalah Visi yang up to date dalam menjawab kebutuhan masyarakat terhadap lahirnya pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan memang memberi perhatian secara khusus terhadap pelaksanaan tupoksi kami di Dinas Kominfo sebagai salah satu perangkat daerah kunci dalam pencapaian visi ini, sehingga seluruh stakeholder baik pejabat, staf, dan para tenaga kontrak, akan terus optimal melaksanakan amanat dan kepercayaan yang diberikan.

“Kami patut berbangga karena meskipun Cerdas Command Center baru dilaunching Februari 2017 dan baru berusia 3 bulan saat mengikuti babak awal dari 30 finalis yang menerima visitasi, Kota Manado adalah satu-satunya Kota yang menerima kunjungan Tim Penilai RKCI dengan kehadiran langsung Walikota, Wakil Walikota, dan Sekretaris Daerah Kota. Kepedulian ini telah menjadi bukti komitmen para pemimpin daerah yang sangat serius mewujudkan Kota Cerdas,” pungkasnya.(red)