Senin, 26 Agustus 2019

Tempat Hiburan Dan Kos Banyak Menghindar Dari Pajak

Pesikmanadoterkini.com, MANADO – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah kota Manado dengan Penyerapan PAD secara keseluruhan untuk tahun 2017 terbilang memuaskan. Dari target 234 miliar, realisasi PAD tahun 2017 justru mencapai 270 miliar atau 115 persen.

Meski begitu, ternyata masih ada beberapa sumber PAD yang masih kurang maksimal penyerapannya. Diantaranya usaha tempat hiburan dan tempat kos.

Seperti yang diungkapkan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah kota Manado, Harke Tulenan melalui Kabid Pelayanan Pajak dan Retribusi, Recky Pesik.

“Untuk kos-kosan banyak pemilik yang berkelit. Seperti yang kita tahu 10 kamar ke atas sudah kena pajak 5 persen. Tapi ada kos-kosan yang sudah 10 kamar tapi beralasan satu kamar dipakai keluarga, satu kamar dipakai pembantu. Dan banyak alasan lain,” tukasnya.

Sementara untuk usaha tempat hiburan dia mengungkapkan belum bisa maksimal karena banyak keluhan dari pemilik tempat hiburan terkait pajak yang tinggi.

“Alasan mereka pajaknya tinggi. Tapi kita sudah mengacu pada aturan yang tentunya sudah melewati pengkajian. Selama belum ada revisi atau perubahan maka kita tetap menjalankan sesuai aturan yang ada sekarang,” imbuhnya.

Namun dikatakan Recky Pesik, secara keseluruhan realisasi PAD menunjukkan peningkatan. Dia menuturkan, untuk tahun ini pihaknya akan lebih menggenjot realisasi PAD.

“Yang sudah baik akan lebih kita maksimalkan, yang masih lemah kita akan tambah pacu,” (angky)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*