Jum'at, 23 Agustus 2019

Bupati Minsel Pimpin Rombongan Belajar Pariwisata di Bali

manadoterkini.com, BALI - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE memimpin rombongan untuk belajar mengenai pembangunan pariwisata Bali dengan harapan dapat diterapkan dan dikembangkan di Kabupaten Minsel.manado

“Kami datang karena kami ingin belajar dari Bali kenapa pariwisata Bali bisa mendunia. Bagaimana Bali menata objek wisatanya serta bagaimana sikap masyarakat Bali terhadap kunjungan para wisatawan sehingga wisatawan berkunjung ke Bali berulang kali tanpa merasa jenuh,” ujar Bupati Minsel.

Rombongan jajaran Pemkab Minsel dalam kegiatan itu diterima oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.Sos di Ruang rapat Kantor Badung.

Bali sebagai daerah tujuan wisata selama ini namanya telah tersohor ke seluruh dunia. Keunikan budaya, adat-istiadat, serta alam Bali telah membawa Bali sebagai destinasi wisata unggulan yang tetap bertahan serta menjadi prioritas kunjungan wisatawan.

“Keberhasilan Bali sebagai daerah pariwisata itulah yang menarik Pemkab Minsel untuk belajar lebih jauh tentang pengelolaan pariwisata Bali, bagaimana pariwisata Bali bisa maju dan maksimal dalam pengelolaan pariwisatanya bahkan seolah-olah nama Bali mengalahkan nama Indonesia di dunia Internasional,” katanya.

minselHal yang sama juga disampaikan oleh Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi yang turut hadir.
Dia menyebut Bali memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga pihaknya ingin belajar dari Bali.

Dia mengharapkan dengan kunjungan tersebut akan ada gambaran yang baik tentang apa yang harus dilakukan dalam membangun pariwisata di Minsel pada masa mendatang.

Terlebih, katanya, antara Bali dengan salah satu tempat wisata di Minsel yang terdapat nilai historis, akan tetapi selama ini potensi Dieng belum dikelola secara optimal.

“Kami ingin mencari ilmu tentang pengelolaan pariwisata Bali, tidak hanya itu kami juga ingin menjalin sebuah kerja sama dengan Bali sehingga ke depannya wisata di Minsel pada umumnya akan dapat berkembang,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.Sos menyampaikan bahwa Kabupaten Badung Provinsi Bali menyambut baik keinginan Kabupaten Minsel untuk belajar pengelolaan pariwisata dari “Pulau Dewata” itu.

Pendapatan daerah Bali sekitar 80 persen berasal dari sektor pariwisata, 15 persen dari pertanian, dan sisanya dari industri kecil.

Oleh karena itu, katanya, Bali berupaya mengembangkan destinasi pariwisata serta meningkatkan fasilitas yang ada.

Dia juga mengakui tantangan ke depan dalam dunia pariwisata semakin berat dengan adanya 10 destinasi baru yang dicanangkan pemerintah.

“Kami ingin menjadi pesaing yang sehat bagi destinasi lainnya sehingga Bali terus berbenah, destinasi yang sudah ada ditingkatkan kualitasnya sehingga Bali akan tetap menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan,” ujarnya.

Terkait dengan pengelolaan pariwisata Minsel, khususnya Dia menyarankan agar potensi pariwisata di Minsel dikelola secara baik dengan cara mengenali potensi yang dimiliki.

Hal itu, katanya, penting mengingat di Minsel juga terdapat kawasan yang memiliki kaitan historis dengan Bali.

Dia meminta kawasan wisata yang ada agar ditata dengan baik serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisatawan, seperti penginapan dan rumah makan.

“Kemas dengan bagus, tata dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian Minsel akan menjadi destinasi wisata yang akan memberi kesejahteraan bagi masyarkatnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyambut baik rencana kerja sama pariwisata dan budaya yang akan dijalin antara Kabupaten Badung dan Minsel.

Terkait dengan rencana itu, ia meminta Pemkab Minsel berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah setempat yang terkait, yang menangani secara teknis.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, Kepala Dinas Pariwisata Frenky Toar, Sekretaris Bapelitbang Tertius Ulaan ST MT, Kadis PU Ir Ruddy Tumiwa ST, Kabag Humas Pemkab Minsel Henri Palit SH, Kadis Koperasi Meyti Adi Tumbuan, Kadis Sosial Sofie Sumampow dan rombongan.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*