Jum'at, 18 Oktober 2019

Tahun Ini, 167 Desa di Minsel Kebagian Rp 200 Miliar

manadoterkini.com, AMURANG - Sebanyak Rp 200 Miliar akan disalurkan di Kas Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Anggaran tersebut berasal dari Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Tahun ini anggaran dandes dan ADD hampir Rp 200 miliar untuk 167 Desa,” kata Kepala Dinas PMD Minsel Drs Efert Poluakan.

Dia mengatakan tahun ini, anggaran Dandes masuk terjadi penurunan. “Karena tahun lalu dandes untuk Kabupaten Minsel 127 Rp miliar. Jadi turun sekira 7 miliar,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Altin Sualang SSTP menjelaskan soal penurunan dandes. Itu berdasarkan indikator pembagian jatah di masing – masing desa. “Hanya saja untuk ADD dalam APBD 2018 dinaikan hingga 74 Miliar,” jelasnya.

Untuk penyaluran, menurut Sualang masih menunggu kelengkapan berkas dari desa. “Pertama harus menyelesaikan Rancangan APBDes. Kemudian Laporan pertanggungjawaban dana desa tahap dua tahun 2017,” katanya.

Kalau pun semua desa sudah selesai, akan dikirim pengajuan ke pusat. Kemudian baru dandes ditransfer ke kas daerah,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*