Selasa, 20 Februari 2018

Inilah 10 Penghargaan Prestisius Pemkot Manado Bersama Dinas KOMINFO Sepanjang 2017

manadoterkini.com, MANADO - Disepanjang Tahun 2017 Pemkot Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado telah menorehkan tinta emas dengan keberhasilannya meraih 10 penghargaan kategori penilaian kota cerdas dari 13 kategori yang dinilai selaku kota menuju Smart City. manado

Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, menerima Penghargaan utama sebagai Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 kategori kota sedang yang diserahkan langsung oleh Wakil Preseden RI pada Senin, 11 Desember 2017.

Masih dengan rangkaian Rating Kota Cerdas, dalam acara Talkshow kota Smart City yang diadakan di gedung Dhanapala Kementrian Keuangan Jakarta Pusat,kota Manado menerima 10 penghargaan kategori penilaian kota Cerdas dari 13 kategori yang dinilai selaku kota Cerdas.

manadoSistem penilaian Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 mengukur 93 kota (kecuali kota administratif Jakarta) di Indonesia, dengan klasifikasi kota besar yaitu kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa sebanyak 14 kota; kota sedang yaitu kota dengan penduduk diantara 200 ribu hingga 1 juta jiwa sebanyak 43 kota dan kota kecil yaitu kota dengan penduduk di bawah 200 ribu jiwa sebanyak 36 kota.

Tahap seleksi terdiri dari evaluasi mandiri dimana kota diminta untuk mengisi kuesioner secara online; penilaian hasil evaluasi mandiri; validasi dan kunjungan langsung ke kota-kota finalis; pemetaan kota berdasarkan potensi masing-masing dan pengumuman hasil pemetaan kota. Pemetaan dilakukan dengan menilai proses pengelolaan kota dari sisi utilisasi sumber daya, manajemen, integrasi dan keberlanjutan, e-government, strategi dan rencana serta menilai kualitas hidup dari sisi pelayanan, indeks kualitas hidup dan indeks lainnya, persepsi masyarakat dan penilaian terhadap inovasi kota.

manadoDari system penilaian tersebut Kota Manado yang masuk kategori kota sedang sesuai jumlah penduduk berhasil menyabet 10 penghargaan kategori rating kota cerdas indonesia, disamping penghargaan utama yang diberikan Wakil Presiden RI.

Adapun 10 penghargaan kategori kota cerdas indonesia yang berhasil diraih kota manado adalah :

– Rating Keamanan dan Kebencanaan Kota (Safe & Secure Cities)

– Rating Ekosistem Teknologi Finansial

– Rating Kesiapan Infrastruktur (Infrastructure Readiness)

– Rating Ekosistem Kompetitif

– Rating Kesehatan Cerdas (Smart Health)

– Rating Ekosistem Inovasi

– Rating Sosial Cerdas (Smart Social)

– Rating Kesiapan Integritas (Integration Readiness)

– Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy)

– Rating Mobilitas (Smart Mobility)

manadoPenghargaan ini diberikan secara bergilir oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Sekretaris Kemeneterian Kordinator Bidang Perekonomian Bambang Adi Winarso dan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Airin Rachmy Diami dan Rektor ITB Prof Dr. Kadarsyah Suryadi DEA.

Menteri Kominfo RI Rudiantara mengucapkan selamat kepada seluruh Walikota yang telah mendapatkan award RKCI 2017. Rudiantara berharap, smart city yang diinginkan dalam RKCI ini dapat merubah mindset seluruh jajaran pemerintah kota untuk melayani masyarakat dengan lebih baik dan cepat didukung kemajuan teknologi.IMG-20180121-WA0002

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Erwin Kontu, kita patut bersyukur dengan keberhasilan yang diraih kota manado. Ini membuktikan program kota digital yang digagas Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado sudah pada jalur yang sebenarnya dan sudah sejalan dengan visi Manado Kota Cerdas 2021. Dan Kota Manado merupakan satu-satunya kota diwilayah Timur Indonesia yang menerima banyak penghargaan.(angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*