Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPolitik

Airlangga Hartato Tunjuk Putra Sulut Jabat Sekjen DPP Partai Golkar

×

Airlangga Hartato Tunjuk Putra Sulut Jabat Sekjen DPP Partai Golkar

Sebarkan artikel ini

 

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airlangga Hartarto menunjuk Putra Kawanua Letnan Jenderal (Purnawirawan) Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar. Lodewijk menggantikan Idrus Marham, yang baru dilantik sebagai Menteri Sosial pada Rabu, 17 Januari lalu.

Hal itu tertuang dalam surat keputusan 267/DPP Golkar/I/2018 tentang pengesahan komposisi personalia DPP Golkar hasil restrukturisasi dan revitalisasi.

Sebelumnya, Lodewijk Paulus pernah menjabat sebagai Koordinator Bidang Kajian Strategis dan SDM Partai beringin itu. Ia masuk ke jajaran pengurus Partai Golkar tahun 2016 lalu, semasa kepemimpinan Setya Novanto. Lodewijk juga pernah ditugaskan oleh Setya menjadi Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar Lampung.

Pria kelahiran Manado 60 tahun silam ini mengenyam asam garam di dunia militer. Lulus dari akademi militer tahun 1981, ia langsung menjabat sebagai komandan pleton (Danton) Kopassandha yang kini bernama Kopassus.

Lodewijk menghabiskan sebagian besar karier kemiliterannya di korps baret merah itu hingga akhirnya dilantik menjadi Komandan Jenderal Kopassus pada tahun 2009 menggantikan Pramono Edhie Wibowo. Di masa kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Lodewijk ditunjuk menjadi anggota tim transisi PSSI di tahun 2015.

Lodewijk purna tugas dari dunia militer pada tahun 2015. Jabatan terakhir yang pernah ia emban adalah Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI dengan pangkat letjen.

Lepas dari militer, ia terjun ke dunia politik praktis dengan bergabung Golkar. Sebelum menjadi sekjen Golkar, ia menjabat sebagai Korbid Kajian Strategis dan SDM Golkar. (red/tim)