Jum'at, 16 November 2018

Tambajong Optimis Mampu Atasi Masalah Sampah Di Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO – Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) kota Manado DR Liny Tambajong MSi.hadir bersama Ketua TP PKK kota Manado Prof. Paula Lumentut Runtuwene dalam kegiatan peresmian Bank Sampah di Kecamatan Singkil.

Menurut Kaban Liny, Pemerintah Kota Manado saat ini Manargetkan 11 Bank Sampah di setiap Kecamatan, dengan adanya bank sampah di tiap Kecamatan dapat menurunkan volume sampah di TPA yang semakin meningkat. “Ini salah satu upaya dari Pemerintah kota untuk menekan sampah rumah tangga yang setiap hari meningkat,” ujar Tambajong.

Lanjut Kaban Liny memaparkan, peran satu rumah tangga memang tidak akan berpengaruh besar, namun apabila semua bergandeng tangan menerapkan 3R, maka pengelolaan sampah di kota Manado bisa teratasi.

manadoKetua TP PKK Kota Manado Prof. Paula Lumentut Runtuwene menanggapi terkait masalah sampah, menurut istri dari Walikota Manado GS Vicky Lumentut, kepedulian masyarakat tentang sampah sangat dibutuhkan, dengan adanya bank sampah di tiap Kecamatan diharapkan dapat mengurangi volume sampah ke TPA.

“Sampah kini telah menjadi persoalan krusial di Kota Manado. Sehingga diperlukan kerja sama semua pihak untuk mengatasinya. Dan kiranya, ibu-ibu di Kecamatan Singkil menjadi pelopor dengan mulai mengurangi sampah rumah tangga masing-masing,” ungkap Prof Paula Lumentut Runtuwene.

Lebih lanjut, Prof Paula menyampaikan dengan hadirnya bank sampah online di Kecamatan Singkil dapat segera diikuti oleh Kecamatan yang lain.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Imelda Markus Bastiaan, Kepala Dinas LH Johanis Waworuntu, Perwakilan dari Bank BNI, Camat Singkil Mursyid Pangalima serta perwakilan DLH Provinsi Sulut. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*