Jum'at, 23 Agustus 2019

DPKP Temukan 40 Kasus Rabies Di Tahun 2017

manadomanadoterkini.com, MANADO - Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan (DPKP) kota Manado masih intensif mengawasi bahaya Rabies di wilayah Manado.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas DPKP Manado Ir Nolfie Talumewo melalui Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan Hesky Mamahit, selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin anti rabies pada hewan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan dengan rabies.

“Suntikan vaksin anti rabies pada hewan juga bisa mencegah resiko kematian bagi manusia maka dianjurkan setiap pemilik anjing untuk memberi vaksin rabies bagi hewan peliharaannya,” ujar Hesky.

Dari data yang diperoleh, sepanjang tahun 2017 DPKP menemukan 40 kasus rabies dari 17.500 vaksin yang disebarkan di 11 Kecamatan.

Lebih lanjut Kabid menyampaikan, pemberian vaksin tersebut di berikan gratis tanpa di pungut biaya. “Penyakit ini sebetulnya bisa dicegah dengan memberikan vaksin anti rabies pada hewan peliharaan, apalagi saat ini kita ingin bebas rabies 2020. Vaksin merupakan cara paling efektif memutus mata rantai penularan baik pada manusia maupun hewan. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*