Senin, 23 April 2018

Tulude Desa Winuri Padukan Budaya Nusa Utara dan Minahasa

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI - Ada yang menarik dari penyelenggaraan Pesta Adat Tulude di Desa Winuri Kecamatan Likupang Timur, Sabtu (3/2/2018). Dimana, panitia pelaksana yang diketuai Denny Sompie SE, memadukan dua budaya berbeda, yakni budaya Nusa Utara (Sangihe, Talaud, Sitaro) dan Minahasa.

Dari pantauan manadoterkini.com, penjemputan sampai pada iring-iringan rombongan (Para Pembesar dan Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat,red) menuju lapangan yang menjadi lokasi Pesta Adat Tulude, terus diiringi tari- tarian seni budaya Nusa Utara dan dikawal dengan tarian perang Kabasaran yang adalah seni budaya Minahasa.

“Memang Pesta Adat Tulude ini berbeda, dimana pada gelaran adat yang merupakan budaya asli etnis Nusa Utara, juga menampilkan tarian Kabasaran dan musik Kolintang yang adalah budaya etnis Minahasa. Inilah kekayaan khasana budaya kita, yang harus dilestarikan. Apalagi daerah likupang merupakan sentra pariwisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah,” ujar Densom-sebutan akrab Anggota DPRD Minut ini.

Lanjut Densom, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemkab Minut, berusaha menggali dan menampilkan setiap kekayaan budaya lokal, sehingga menjadi salah satu aspek yang dapat menarik minat wisatawan yang datang berkunjung.

Sementara itu, Bupati Minut yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodora Luntungan, mengapresiasi penyelenggaraan Tulude ini, yang merupakan bagian dari ungkapan syukur dari masyarakat Nusa Utara menyambut tahun baru ini.

“Mari kita jadikan pesta adat Tulude ini untuk meninggalkan segala hal yang tidak baik ditahun sebelumnya dan kita sambut 2018 dengan penuh sukacita. Tuhan Yang Maha Esa pasti memberkati Minahasa Utara. Dan mari kita bersama-sama melestarikan adat dan budaya, agar kedepan seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi modern, generasi penerus kita, tidak melupakan jati dirinya dan adat budayanya,” kata Luntungan dalam sambutannya.

Hukum Tua Desa Winuri Sinta Kasso juga menyampaikan rasa bangga dan rasa terima kasih kepada penerintah kabupaten dan masyarakat, yang telah mendukung penuh penyelenggaraan Pesta Adat Tulude, sehingga berjalan dengan baik dan sukses.

Hadir dalam pesta adat Tulude ini, Ketua DPRD Minahasa Utara Berty Kapojos SSos, Camat Likupang Timur Donny Rondonuwu, Danramil Likupang 1310-03 Kapten Inf Tonni Wurangian, Kapolsek Likupang Iptu Hendrik Rantung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat.(Pow)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*