Selasa, 24 April 2018

Mie Mengadung Boraks Marak Beredar di Pasar Manado

pasar karombasanmanadoterkini.com, MANADO - Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado tak menampik hasil dari temuan Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) terkait maraknya beredar mie mengandung Boraks di beberapa pasar tradisional di kota Manado.

Kepala Dinas Perindag kota Manado Meisje Wolah yang ditemui di ruang kerjanya membenarkan hal tersebut,

“Dari hasil temuan tim bersama BPOM dipastikan mie yang beredar di pasar tradisional positif menggunakan Boraks” Ujar Wolah.

Hasil uji laboratorium BPOM menyatakan dari empat belas sampel yang di uji, tiga belas sampel dinyatakan positif mengandung Boraks.

Boraks adalah senyawa kimia yang berbahaya untuk dikonsumsi, yang memiliki sebutan kimia natrium tetrabonat (NaB4O7 10H2O). Bisa ditemukan dalam bentuk padat, dan jika larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat (H3BO3). Boraks atau asam borat umumnya digunakan untuk bahan pembuatan deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air.

Efek negatif boraks bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi dlam jangka lama. Boraks memiliki efek racun yang membahayakan sistem metabolisme pada tubuh.

Lebih lanjut, Meisje Wolah menegaskan pihak Pemerintah kota akan mengambil langkah tegas bagi setiap produsen maupun pelaku usaha yang dengan sengaja menggunakan Boraks untuk dijadikan pengawet pada makanan.

“Jika ditemukan kembali, maka kami akan diambil langkah hukum sesuai dengan UU Perlindungan Konsumen, ada sanksi Administratif serya sanksi Pidana bagi para pelaku” tukasnya. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*