Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

Mahasiswa STIK/PTIK Dibekali Program Unggulan Kamseltibcar Lantas Polres Minut

×

Mahasiswa STIK/PTIK Dibekali Program Unggulan Kamseltibcar Lantas Polres Minut

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, AIRMADIDI – Sebanyak 12 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian/Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK/PTIK) angkatan 73, dibekali dengan program Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas), dari Polres Minahasa Utara (Minut).

Mahasiswa STIK/PTIK yang didampingi Perwira Pendamping Kombes Pol Hariadi SH SIK MH, mendapatkan ilmu terkait Kamseltibcar Lantas, yang merupakan program unggulan Polres Minut, dalam giat pengabdian masyarakat tersebut digelar di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan, Rabu (7/2/2018).

“Program Kamseltibcar ini adalah salah satu program unggulan dari Polres Minut, yang menjadi pilot project Polda Sulut, untuk dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polda Sulut. Program ini dilakukan dengan pola pendekatan humanis, langsung turun ke maayarakat di tingkat desa, dan memberi pemahaman bagaimana berlalu lintas yang benar sesuai amanat UU No 22 Tahun 2009. Semoga, ini bisa menjadi panduan bagi adik-adik mahasiswa, saat bertugas dimana saja,” ujar Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH.

Hal senada disampaikan Kasat Lantas Polres Minut AKP Andrew Kilapong SE ME. Menurutnya, sasaran utama sosialisasi Kamseltibcar Lantas, adalah pemerintah desa dan perangkatnya, dimana sebagai pemuka pendapat, mereka dapat meneruskan ke warga masyarakatnya, agar memahami tertib berlalu lintas sesuai UU No 22 Tahun 2009.

Sementara itu, Dwi Yatmoko salah satu Mahasiswa STIK/PTIK, mengaku bangga bisa mendapatkan ilmu di Polres Minut, terkait dengan program-program unggulannya.

“Banyak program inovatif dari Polres Minut yang kami ketahui, bahkan ada program yang menjadi pilot project, ini luar biasa. Program-program tersebut selain Kamseltibcar, yakni program Sistem Informasi Resort Minahasa Utara (Siremita), Patroli Kampung Paling Rawan (Pakapara), dan Paramita (Patroli Rayon Minahasa Utara, serta Jumpa Seribu Tokoh (Juriko). Ini sangat penting bagaimana menciptakan keamanan dan ketertiban bagi masyarajat, ini luar biasa,” puji Yatmoko, saat ditanya kesannya saat belajar di Polres Minut.

Hukum Tua Desa Tumaluntung Ifonda Nusah SE juga menyampaikan rasa terima kasihnya, Perwira Pendamping Kombes Pol Hariadi SH SIK MH, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH dan jajaran, bersama Mahasiswa STIK/PTIK Angkatan 73, yang berkenan mengunjungi desa yang dipimpinnya.

Hadir juga pada Tour Kamseltibcar Lantas di Desa Tumaluntung, Wakapolres Kompol I Made Palguna, Kasat Intel Iptu Boy Rawung, Kasubag Humas AKP Hilman Muthalib, Kasubag Pers AKP Robby Ibrael, serta jajaran Polres Minut dan perangkat Desa Tumaluntung.(Pow)