Jum'at, 16 November 2018

Tertimbun Tanah Longsor, Akses Jalan Trans Sulawesi Lumpuh Total

manadoterkini.com, SINONSAYANG - Jalur Lintas Barat Sulawesi, tepatnya di Desa Blongko Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tertimbun material longsor pada Sabtu (10/2) pagi. Material longsor berupa pepohonan dan tanah bercampur bebatuan.manado

Akibatnya, arus lalu lintas di jalur penghubung antar-provinsi di Sulawesi itu lumpuh total. Sejumlah kendaraan dari dua arah terpaksa antre sepanjang sekitar 5 kilometer.

“Saya hampir lima jam terjebak di jalan. Kami susah bepergian dari dalam kendaraan karena hujan. Beruntung belum sempat melintas saat longsor terjadi,” kata Stenly, salah satu pengendara yang hendak pulang ke Kotamobagu.

Mereka baru bisa melintas kembali setelah material longsor dibersihkan aparat kepolisian, TNI, dan juga warga. Pemerintah Provinsi juga mengerahkan satu alat berat untuk mengangkut material longsor.

manadoKapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK mengatakan, butuh waktu beberapa jam bagi petugas menyingkirkan material longsor dari badan jalan. Namun, petugas akhirnya menggunakan sistem buka tutup jalan karena masih banyak material longsor yang bertebaran di jalan.

“Kami terpaksa menerapkan sistem buka tutup jalan untuk menggurai antrian karena kondisi jalan yang licin dan masih banyak material longsor mebahayakan pengguna jalan,” jelasnya.

Longsor pada tebing setinggi di Desa Blongko itu menutup seluruh badan jalan setelah hujan deras mengguyur wilayah Minsel.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*