Kamis, 26 April 2018

Grace Kandou Bantah Tudingan Lakukan Autoplagiat

 

kandoumanadoterkini.com, SULUT - Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof. Dr. dr Grace Debbie Kandou M.Kes membantah soal tudingan dirinya melakukan autoplagiat apalagi plagiat.

Hal itu disampaikan guna mengklarifikasi pernyataan menyangkut rumor yang beredar selama ini soal masalah status yang mengatakan Grace Kandou melakukan plagiat padahal tidak seperti itu.

“Status ini sudah merugikan banyak hal, terutama masalah nama baik dari Prof Grace sendiri, baik dikalangan kampus maupun masyarakat umum,” ujar Anggota Senat dari FKM Unsrat Harvani Boki mengawali jumpa pers bersama Grace Kandou di ruang rapat FKM Unsrat.

Tudingan ini mulai ramai dibicarakan dalam rapat senat penetapan bakal calon Rektor Unsrat yang berlangsung di Ruang Sidang Kantor Pusat Unsrat, Senin (26/2/2018) malam dimana Grace Kandou sendiri menjadi salah satu bakal calon Rektor Unsrat periode 2018-2022.

Menurut Grace Kandou masalah ini perlu mendapat klarivikasi berkaitan dengan plagiat atau tidak, pelaku plagiat atau tidak. Menurutnya bagi seorang dosen pelaku plagiat ini merupakan hal yang sangat memalukan dan merupakan kejahatan akademik yang luar biasa.

“Oleh karena itu saya merasa sangat dirugikan dengan tuduhan plagiat. Jadi saya tegaskan saya tidak melakukan autoplagiat apalagi plagiat,” tegas Grace Kandou saatjumpa pers.

Menurutnya masalah ini muncul dengan diterbitkannya SK Rektor 1132 tertanggal 6 Mei 2013 Tentang Penundaan Pengusulan Guru Besar Grace Kandou, sedangkan sejak tanggal 15 Desember 2014 Grace Kandou telah menyandang guru besar, mamun masalah SK 1132 tersebut kembali menjadi ramai dibahas dalam rapat Senat Senin (26/2/2018).

“Saya juga kaget kalau ada SK seperti itu, jadi saya tidak menerima (SK 1132) pada saat dia keluar,” tutur Grace Kandou. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*