Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitungLiputan Khusus

Pemkot Bitung Gelar Adat Tulude 2018‎

×

Pemkot Bitung Gelar Adat Tulude 2018‎

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, BITUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di bawah kepemimpinan ‎Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dan Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri Rabu (31/01/2018) menggelar acara adat Tulude yang bertempat di Satuan Keamanan Laut (Satkamla), Aertembaga Kota Bitung.

bitung

Wali Kota Bitung mengatakan bahwa gelar adat Tulude ini sudah rutin dilakukan setiap tahun sebagai bentuk ucapan syukur Pemerintah dan masyarakat atas penyertaan Tuhan selang tahun 2017 yang lalu.

bitung

“Gelar Adat Tulude kiranya dapat terus dilestarikan sebagai bagian dari kehidupan kita masyarakat Kota Bitung. Tulude kiranya terus dikembangkan sebagai bagian dari program pariwisata tahunan Kota Bitung yang dapat dinikmati wisatawan,” kata Lomban.

bitung

Pelaksanaan Tulude kali ini sudah dilaksanakan dengan penuh hikmat serta sudah mencapai esensi dari tujuan penyelenggaraan Tulude yang sebenarnya yaitu sebagai upacara adat dan pesta rakyat yang diwariskan dari generasi ke generasi.

bitung

Walikota Bitung pun mengapresiasi segenap masyarakat yang datang dari 8 Kecamatan untuk ikut memeriahkan pesta gelar adat 2018 serta segenap pihak yang sudah mengambil bagian dalam menyukseskan kegiatan hari ini.‎

bitung

Kegiatan yang berlangsung khusuk tersebut diwarnai juga dengan penampilan Tari Gunde, Alabadiri, Masamper hingga Ampa Wayer dan pemotongan kue tamo.

Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung dan Wakil Ketua TP PKK Kota Bitung Rita Mantiri Tangkudung, juga turut menghadiri pagelaran Adat Tulude. (Adve)