Selasa, 17 Juli 2018

Pertama Kali di Indonesia, E-Voting Bakal Diterapkan Pada Pilkada

manadomanadoterkini.com, MANADO - Pemilihan Pengurus Pelayanan Kategorial Pelayanan Pria/Kaum Bapak, Wanita/Kaum Ibu, Pemuda, Remaja dan Anak (BIPRA) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), sudah berlangsung dengan sukses akhir pekan lalu.

Pada pemilihan itu, dilakukan dengan menggunakan sistem e-voting dan akan diterapkan pada pemilihan BPMS GMIM bahkan tidak menutup kemungkinan bakal diterapkan pada Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia pemilihan Sinode GMIM yang juga Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Senin (5/3/2018) di Kantor Gubernur Sulut.

“Kalau pemerintah melihat hal ini sesuatu yang bagus, pemerintah akan mencontoh, bayangin kalau biasa dua sampai tiga hari, dalam pemilihan, ini (e-voting) hanya sebentar, bayangkan kalau manual, baru menghitung saja sudah 3 jam lebih, jadi e-voting ini lebih cepat,” ujar Olly menanggapi pertanyaan wartawa soal kemungkinan menggunakan e-voting pada Pilkada kedepan.

Menurut Olly Dondokambey yang ditemani Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan Ketua Sinode GMIM Pdt Dr HWB Sumakul, penggunaan e-voting ini juga merupakan bagian dari revormasi GMIM serta mengantisipasi pertumbuhan jemaat di lingkungan GMIM sendiri.

“Karena jemaatnya sudah 971, jumlah pemilih hampir 1200, hal ini juga mengantisipasi jumlah yang nantinya bila GMIM kedepan bakal berjumlah 2.000 jemaat. Jadi itulah revormasi GMIM dalam rangka mengikuti jaman dan perkembangan yang ada,” ujar OllyDondokambey. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*