Selasa, 23 Oktober 2018

Beras dan Telur Palsu Diduga Beredar di Manado, Masyarakat Diminta Waspada

manadomanadoterkini.com, MANADO – Terkait adanya informasi beras plastik dan telur palsu yang diduga sudah masuk Manado, Pemkot Manado melalui Dinas Perindag meminta masyarakat agar tidak resah karena ini masih perlu pembuktian. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan kota Manado Meisje Wollah, lewat pesan media sosial. Menurutnya dari hasil pemantauan di beberapa pasar tradisional dan supermarket belum ditemukan adanya barang tersebut.

Masyarakat bisa dengan mudah melihat beras secara visual dan dengan meraba juga patahan beras. Asli warna bening cenderung warna putih susu, ada patahan/bisa dipatahkan, tekstur cenderung kasar dan apabila dimasak akan menyerap air dan aroma khas nasi. Yang diduga palsu/plastik berbeda degan hal diatas. Yang dikatakan bisa dibentuk menjadi bola dan melenting bisa saja disebabkan karena komposisi kadar amilopektin yang tinggi mempengaruhi testur pulen nasi sehingga nasi dapat dibentuk menyerupai bola.

Demikian pula dengan telur, cara sederhana melihat telur asli adalah dari permukaan cangkang. Asli permukaannya mulus diraba dengan jari licin dan diamati ada bintiknya. Telur palsu permukaan lebih kasar. Bila dipecahkan telur asli ada gelembung udara di bagian dalam cangkang sedangkan telur palsu tidak ada.

“Untuk kota Manado saat ini belum ditemukan beras palsu dan untuk telur palsu masih kami dalami melalui pembuktian laboratorium. Namun secara visual belum kami temukan telur palsu,” tukas Wollah.

Namun demikian Wollah menghimbau agar masyarakat lebih teliti membeli produk, terus waspada dan berhati hati, jadilah Konsumen Cerdas. Apabila ada hal hal yang ditemui saat membeli produk yang dicurigai tidak layak dikonsumsi dapat langsung menghubungi Disperindag Kota Manado. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*