Rabu, 11 Desember 2019

Bendungan Pengendali Banjir Manado Senilai 1,7 Triliun Selesai Tahun 2019

manadomanadoterkini.com, MANADO - Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Djidon R Watania menyatakan pembangunan proyek pembangunan Bendungan Kuwil akan dipercepat dan direncanakan selesain pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Djidon Watania, Kamis (15/3/2018) pada saat acara Breakthrough Ceremony Of Tunnel-1 2nd Package Of Kuwil-Kawangkoan Dam Project Nort Minahasa atau syukuran tembus terowongan I pembangunan Bendungan Kuwil di Kawangkoan Minahasa Utara (Minut).

Pembangunan degan anggaran APBN ini sebelumnya direncanakan selesai pada 2020, dikerjakan oleh PT WIKA-DMT, KSO, PT NINDYA KARYA, (Persero) Tbk.

Menurut Djidon, pembangunan Bendungan Kuwil senilai 1,7 Triliun rupiah ini mempunyai empat fungsi penting, yaitu sebagai pengendali banjir di Manado dan sekitarnya, penyediaan air untuk masyarakat, pembangit listrik dan pengembangan tempat wisata.

“Tujuan utama dibangunnya Bendungan Kuwil Kawangkoan ini adalah sebagai pengendali banjir di Kota Manado dan sekitarnya untuk debit banjir Q40th=470 m3/detik, penyediaan air baku untuk Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung dan KEK Bitung sebesar 4,5 m3/detik,”

“Bendungan Kuwil ini juga bertujuan sebagai PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) dengan kapasitas 2×0,70 MW serta sebagai pengembangan pariwisata,” jelas Djidon.

Djidon menambahkan, hari ini pengerjaan trowongan tembus sepanjang 520 meter selesai.

Pada acara tersebut turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Provinsi Sulut Steve Kepel, Perwakilan Kementerian PUPR Matius Tangyong, Kepala BPJN Wilayah Sulutgo Riel Mantik, Pimpinan PT Nidya Karya (Persero), Pemkab Minut, Forkopimda, dan tokoh masyarakat. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*