Rabu, 11 Desember 2019

DPKP Manado Dorong Petani Sawah Ladang Manfaatkan Lahan Yang Ada

manadomanadoterkini.com, MANADO – Pemerintah Kota Manado, melalui Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan (DPKP) mendorong petani memaksimalkan menggarap padi ladang.

Kepala Dinas PKP Ir Nolfie Talumweo mengatakan, memaksimalkan penggarapan padi ladang diharapkan membantu peningkatan produksi padi guna memenuhi kebutuhan beras lokal.

“Kami mendorong sepenuhnya petani menggarap lahan padi ladang yang ada di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Menurutnya, potensi padi ladang mencapai lebih kurang 1.500 hektar, dan tahun 2018 ini DPKP menargetkan 200 hektar penannaman padi ladang yang tersebar wilayah Kelurahan Bengkol Kecamatan Mapanget.

“Teknis penanaman padi ladang ini yakni, melakukan tanaman padi disela tanaman lainnya seperti di perkebunan kelapa diusia muda sehingga tidak saling terganggu,” jelasnya.

Lebih lanjut Talumewo menyampaikan, untuk mengoptimalkan pengembangan padi ladang agar terwujud sesuai harapan harus diperlukannya pendapat serta dukungan keseriusan dari masyarakat petani yang juga didampingi oleh petugas penyuluh lapangan.

“Perawatan padi ladang tidak terlalu sulit dibandingkan padi sawah yang secara khusus memperlukan kebutuhan air pada waktu tertentu,” jelasnya.

Perluasan pengembangan padi ladang di daerahnya kata dia, selain upaya memenuhi kebutuhan beras lokal juga mendukung program nasioal melalui kementerian terkait dimana target penanaman padi pada 2018 mencapai seluas 3.800 hektar.

“Meskipun untuk kota Manado tidak seperti kabupaten kota lainnya, diharapkan luas padi ladang tidak akan mengalami perubahan karena terjadinya perkembangan infrastruktur di Kota Manado”, tukasnya. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*