Jum'at, 20 September 2019

Perubahan Sistem Pasar Tradisional Menjadi Modern, Walikota GSVL: Pasar Harus Nyaman

manadomanadoterkini.com, MANADO – Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang

Padahal saat ini, masyarakat masih menjadikan pasar tradisional sebagai tujuan utama. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang bisa meningkatkan pertumbuhan pasar tradisional agar bisa sejajar dengan pasar modern.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA saat menghadiri Musrembang RKPD 2019 di ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado Senin (26/3) siang.

“Ada beberapa program nasional yang masuk dalam RPJMD. Kita telah sepakat untuk meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat melalui pasar tradisional agar tidak terlalu jauh dengan yang ada di mall, maka penataan pasar akan lebih ditingkatkan.
Sudah dimulai dengan pasar pinasungkulan yang sudah selesai dan akan dilanjutkan kembali supaya tertampung semua pedagang dengan fasilitas pasar yang lebih baik,” tutur Walikota.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Manado Fery Alfrets Keintjem SE. memaparkan, guna mewujudkan pasar yang bersih dan modern, sesuai dengan petunjuk pimpinan dalam hal ini Walikota Manado maka kami akan membuat sistem pembagian cluster di tiap pasar yang ada.

“Pembagian cluster ini akan memudahkan pembeli dalam menentukan tujuan. Selain itu pembuatan lokasi cluster harus jelas dan diseimbangkan dengan kebutuhan pembeli, seperti yang dilakukan di dalam pasar modern. Penempatan barang apapun dilakukan secara cermat agar barang tersebut bisa lebih banyak terjual. Dengan demikian pasar akan lebih nyaman bagi para pengunjung,”ujar Keintjem.

Lebih lanjut Keintjem menyampaikan para pedagang harus selalu memperhatikan kenyamanan pembeli di dalam pasar dan tidak melakukan perbuatan yang dilarang, seperti menjual barang yang tidak bisa dikonsumsi lagi atau mengandung bahan yang berbahaya. Kenyamanan di sini bisa dibangun dari kebersihan dan perawatan tempat yang terjaga. Selain itu, sikap pedagang yang membantu pembeli untuk mendapatkan bahan yang terbaik juga perlu ditingkatkan. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*