Jum'at, 20 September 2019

Bapelitbangda Gelar Bimtek Penyusunan Renja 2019

manadomanadoterkini.com, MANADO — Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Manado Hendrik Warokka membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan dan Evaluasi Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019,bertempat di Swissbell-Hotel Manado, Kamis (08/03/18).

Kegiatan yang di gelar Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Kepala Bapelitbang Kota Manado, Sekretaris Inspektorat dan Perwakilan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan dalam sambutannya mengatakan dari kegiatan Bimtek ini, kita dapat melakukan harmonisasi Penyusunan Renja Perangkat Daerah Kota Manado.   “Dengan Bimtek ini akan memperoleh program prioritas bagi setiap perangkat daerah untuk menjadi masukan bagi penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Manado Tahun 2019,” jelasnya.

Fokus Utama dari Bimbingan Teknis ini yaitu mengenai cari penginputan Renstra dan Renja PD dalam sistem yang sudah terintegrasi, yaitu Sistem Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral).

Pada kesempatan ini Kepala Bapelitbangda Kota Manado (Kaban Liny) menjelaskan latar belakang penggunaan Simral tersebut. “Lewat penghargaan AKIP yang diraih Kota Manado awal tahun ini dengan nilai BB, maka Pemkot Manado terus berusaha untuk mencapai nilai yang lebih baik. Dan salah satu rekomendasi dari MenPAN-RB untuk dilakukan Pemkot Manado yaitu menggunakan sistem yang sudah terintegrasi, dalam hal ini adalah Simral”, ujar Kaban Liny.

“Memang pada tahun lalu Kota Manado sudah menjalankan Pemerintahan berbasis sistem, tetapi kekurangannya ialah belum terintegrasi. Oleh karena itu sekarang kita akan menggunakan Simral yaitu Sistem Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan yang sudah terintegrasi. Para operator tidak perlu lagi untuk menginput hal-hal yang sama pada beberapa aplikasi. Dengan adanya aplikasi ini, operator melakukan inputan hanya satu kali sesuai dengan Renstra dan Renja masing-masing PD, tentu saja sesuai dengan RPJMD”, tambah Kaban Liny.

Masing-masing Perangkat Daerah menginput Renstranya mulai dari Visi, Misi, Tujuan dan seterusnya. Proses penginputan ini didampingi oleh Tim BPPT dan dibantu oleh Tim Simral Bapelitbangda Kota Manado. (mlz)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*