Sabtu, 18 Agustus 2018

Seni Budaya Tonsea Warnai HUT Ke-333 Desa Treman

Minut

Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong, menyerahkan piagam kesehatan kepada Kumtua Desa Treman Bernadus Benny Dumanauw.(foto:stenlypow)

manadoterkini.com, AIRMADIDI – Perayaan Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-333 Desa Treman, sangat kental dengan seni budaya Tonsea. Hal ini dapat dilihat dari awal acara, pemerintah desa, masyarakat, tamu undangan, bahkan warga Treman yang datang dari luar negeri, dipakaikan topi adat Minahasa berwarna merah.

Menariknya lagi, sebelum ibadah syukur HUT, digelar Paripurna Istimewa BPD Treman, dimana pada agenda tersebut juga dibacakan nama orang-orang Treman yang telah sukses baik di daerah, luar daerah, bahkan luar negeri.

Lebih lanjut, Pemerintah Desa Treman Kecamatan Kauditan Kabupaten Minut dibawah kepemimpinan Hukum Tua Bernadus Benny Dumanauw menggelar acara puncak perayaan HUT Ke-333 Desa Trema, di pusatkan di lapangan olah raga Desa Treman, Sabtu (31/3/2018). Dan Puncak perayaan HUT Ke-333 Desa Treman dilaksanakan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pdt DR Hein Arina, yang dalam penyampaian Firman Tuhan mengambil ayat Alkitab dalam Yeremia 17:7-8 yang mengajak masyarakat untuk terus hidup dengan mengandalkan Tuhan dan berharap hanya kepada Tuhan agar hidup kita diberkati Tuhan.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Ke-333 Desa Treman Ir Joppi Lengkong dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya, kepada seluruh masyarakat Desa Treman yang sudah berpartisipasi demi suksesnya acara perayaan HUT Ke -333 Desa Treman.

“Luar biasa antusias pemerintah dan masyarakat Desa Treman, dalam rangka mensukseskan HUT ke-333. Bahkan saudara keluarga dari luar daerah sampai luar negeri datang merayakan HUT desa yang kita cinta bersama. Terima kasih karena sudah berkorban tenaga, harta dan pikiran, juga kepada semua pihak yang sudah mendukung suksesnya acara ini. Dan Saya bersama keluarga mengucapkan selamat HUT Ke-333 Desa Treman, selamat HUT masyarakat Desa Treman, Tuhan Memberkati,” ujar Lengkong, yang adalah Wakil Bupati Minahasa Utara.

Sebelumnya, perayaan HUT Desa Treman dimeriahkan dengan parade Mesu’pe, prosesi adat sejarah desa dan pelaksanaan rapat paripurna HUT Desa. Menandai puncak perayaan HUT Desa Treman, Ir Joppi Lengkong diberi gelar adat yang disematkan Hukum Tua Desa Treman Bernadus Benny Dumanauw dan pelepasan 333 balon, serta pengumuman pemenang pemilihan Rera dan Tare Tumou Desa Treman.

Perayaan HUT Desa Treman dilanjutkan dengan makan bersama Meke’ma rengan, panitia menjamu tamu kehormatan dengan makan bersama di daun pisang sebagai bentuk kekuatan tali persaudaraan. Seluruh masyarakat antusias dan larut dalam kebersamaan kemeriahan perayaan HUT Ke -333 Desa Treman.

Puncak perayaan HUT Ke -333 Desa Treman juga dihadiri oleh Walikota Bitung Max Lomban, Sekkot Bitung DR Audy Pangemanan, Gubernur Sulut yang diwakili Kadis Ketahanan Pangan Ir Sandra Moniaga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs Sammy Rompis, Camat Kauditan Drs Alpret Pusungulaa, Ketua TP PKK Minut Jeivy Wijaya STh, para Jenderal putra Desa Treman, masyarakat Desa Treman yang dari luar negeri ikut juga hadir merayakan HUT Desa Treman bersama seluruh masyarakat Desa Treman.(Pow)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*