Sabtu, 20 Oktober 2018

Pilhut Bakal Digelar Desember, Tahun Ini 63 Desa di Minsel Batal Miliki Kumtua Baru

manadoterkini.com, AMURANG – Pelaksanaan pemilihan Hukum tua (Kumtua) serentak tahap II yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan April ini kembali tunda. Dan nantinya akan dilaksanakan pada bulan akhir tahun ini.

Hal tersebut dismpikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Drs Efer Poluakan kepada manadoterkini.com.

Menurut Poluakan mengatakan bahwa, saat ini konsentrasi pemerintah dan aparat keamanan penyebabnya ada pelaksanaan pilkada di beberapa daerah tetangga. Kata dia, pilhut digelar paling lambat awal Desember.

“Bila lebih cepat akhir November. Draft SK panitia sudah di meja Bupati. Ketua Panitia Pak Asisten I,” katanya.

Lanjut Dia, peserta yang akan ikut pilhut tahun ini ada 63 desa. 46 di antaranya telah dan akan mengakhiri jabatan sementara 17 sisanya, Februari tahun depan.

“Jadi mereka yang masih menjabat harus cuti. Sekarang sudah lebih dari 20 jabatan Kumtua yang di isi penjabat,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kabid Pemberdayaan Desa (Pemdes) Altin Sualang SSTP MAP, pilhut serentak tahap terakhir nanti digelar 2020 mendatang.

“Tugas panitia nanti tinggal menyelenggarakan. Kalau ada perubahan sesuai kajian panitia, pasti disesuaikan pada perubahan,” tambahnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*