Sabtu, 23 Juni 2018

Gelar Rakor Bersama , Lakat : Basarnas Garda Terdepan

manadomanadoterkini.com, MANADO – Basarnas kota Manado menggelar Rapat Koordinasi yang diikuti beberapa instansi terkait lainnya, mewakili Walikota Manado, hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Micler Lakat SH MH.

Dipaparkan ketua Himpunan Nelayan Kecil Indonesia (HIPKIN) Jefri Sagune mengusulkan agar para nelayan mendapatkan HT saat hendak mencari nafkah.

“Selama ini kan nelayan-nelayan di kota Bitung hanya dibekali handphone dan nomor telepon saya. Belum ada akses langsung ke instansi penyelamatan,” ujar Sagune.

Diharapkan, adanya perhatian khusus bagi nelayan oleh Pemerintah maupun instansi terkait lainnya.

“Saya berharap agar ketika mereka melaut dan terjebak cuaca buruk mereka langsung bisa kontek Basarnas dan akan mempermudah Basarnas untuk mengevakuasi para nelayan”, ujarnya.

Kepala Kantor Basarnas Manado, Mochammad Arifin yang turut menghadiri Rakor tersebut mengatakan untuk itulah kegiatan ini dilakukan.

“Supaya kami bisa mendengar langsung apa yang diharapkan dari nelayan untuk mencegah musibah saat pelayaran terjadi,” singkatnya.

Ditambahkannya, sejauh ini, sudah ada 12 musibah pelayaran yang ditangani pihaknya.

“Kalau memang itu demi keselamatan, kami siap dukung. Tapi butuh koordinasi,” tegasnya.

Mewakili Walikota Manado, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat, mengatakan bahwa Basarnas Manado adalah garda terdepan dalam upaya pencarian.

“Tapi ini juga butuh topangan dari instansi lainnya, karena koordinasi yang baik akan mempermudah para korban cepat ditemukan,” kata dia.

Menurutnya, melalui kegiatan ini para instansi bisa menyamakan persepsi dalam meningkatkan koordinasi yang baik dengan Basarnas Manado.

“Intinya sebisa mungkin bekerjasama meminimalisir terjadinya bencana di laut,” tutup Lakat. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*