Sabtu, 23 Juni 2018

Fakultas Hukum Unsrat Gelar Seminar Nasional Bela Negara

 

manadomanadoterkini.com, MANADO – Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengelar Seminar Nasional dengan tajuk memperkuat Posisi Hukum dan Penggalangan Masyarakat Dalam Pertahanan Negara.

Hukum adalah panglima menjadi kalimat membahana dalam Seminar Nasional langsung dimoderatori oleh Dekan Dr Flora Kalalo, bertempat di ruang serbaguna Kampus tersebut, Jumat (27/4).

Seminar Nasional tersebut juga menghadirkan narasumber (narsum), Staf Ahli Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Mayjen TNI Ganip Warsito dan Deputi IV KA Badan Intelijen Negara (BIN) Bidang Ekonomi Alberto Simanjuntak.

Dalam Seminar itu, Warsito memaparkan tentang Memperkuat Posisi Hukum dan Penggalangan Masyarakat Dalam Pertahanan Negara Sebagai Wujud Bela Negara.

Menurutnya, Wilayah, warga negara dan pengakuan negara lain, interaksi internasional, konflik kepentingan harus dilindungi serta dipertahankan.

“Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 1 ayat (3), sistem pemerintahan berdasarkan hukum dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka,” tandas mantan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka ini.

“Perlu partisipasi masyarkat untuk posisi penguatan hukum pertahanan negara. Penggalangan masyarakat khususnya generasi muda melalui pembangunan karakter merupakan wujud bela negara yang paling mendasar,” jelasnya, didampingi Simanjuntak.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Unsrat Flora Kalalo menyambut baik kegiatan berskala nasional tersebut seraya berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan tersebut.

“Ada tiga kegiatan berskala nasional yang sudah kita lakukan terakhir ini dengan sukses, oleh karena itu kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskannya. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*