Kamis, 19 September 2019

Pagelaran Seni Dan Budaya Di Desa Sawangan Tunjang Pariwisata Minut

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Pelestarian Seni dan Budaya menjadi perhatian khusus Pemerintah dan Masyarakat Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Buktinya, pagelaran seni dan budaya akan rutin dilaksanakan, dan diagendakan setiap bulan.manado

“Ini luar biasa, karena jika rutin dilaksanakan setiap bulan, ini akan berdampak positif pada pelestarian seni dan budaya, yang juga tentunya akan meningkatan jumlah kunjungan wisata di Desa Sawangan. Dan akan hal ini, Pemerintah memberikan apresiasi terhadap pemerintah dan masyarakat Desa Sawangan yang sudah melaksanakan kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap bulan, ini sangat menunjang pariwisata di Minahasa Utara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodora Luntungan mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Selasa (1/5/2018), di Kompleks Waruga Sawangan.

Sementara itu, Hukum Tua (Kumtua) Desa Sawangan Stendry Wangke SH didampingi Sekdes Carles Kaseger mengatakan, kegiatan ini sudah dua kali dilaksanakan, dan menjadi kalender ivent bulanan Desa Sawangan.

“Pagelaran seni dan budaya ini sudah dua kali kami laksanakan. Harapan kami, pagelaran ini akan terus menarik perhatian wisatawan, serta menambah hasil BUMDes, karena mereka yang laksanakan,” ungkap Wangke.

Pagelaran tersebut dimeriahkan Tari Katrili SD Inpres Sawangan, SDN Sawangan, Kolintang dari Sangar Legacy dan SMP Negeri 3 di Sawangan, Kabasaran dari Wanua Sawangan dan Tanggari.

Ketua Panitia Pengelaran Seni dan Budaya Welly Mantiri, juga mengatakan kegiatan ini untuk pelestarian budaya adat khusus Waruga Wanua Sawangan, dimana kegiatan ini dianggarkan lewat BUMDes Sawangan.(Pow)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*