Senin, 20 Agustus 2018

KPUD Minsel Launching Rumah Pintar Pemilu

manadomanadoterkini.com, AMURANG – Dalam rangka memberikan pendidikan pemilu dan informasi sebagai upaya mencerdaskan masyarakat luas, semua golongan maupun profesi, Komisi Pemelihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengelar launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) bertempat di kantor KPUD Minsel Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Buyungon, Kecamatan Amurang, Kabupater Minsel pada Rabu (9/5).

Acara dihadiri oleh komisioner KPUD Minsel, Sekretariat KPUD, Ketua Partai Politik (Parpol), Ketua Ormas, Akademisi, serta Ketua dan anggota PPK se- Kabupaten Minsel.

Ketua KPUD Minsel DR Franley Pangemanan MSi dalam sambutannya membacakan dasar operasional yang tertulis dalam surat edaran nomor 220/KPU /IV/2016 tentang fasilitasi pendidikan Pemilu, serta surat edaran nomor 339/KPU/IV/2016 tentang pengendalian program pembentukan Rumah Pintar Pemilu.

Pangemanan juga menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya Rumah Pintar Pemilu diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kwantitas dalam segala proses penyelenggaraan pemilu.

“Rumah Pintar Pemilu juga diharapkan mampu menjadi pusat informasi kepemiluan, mengedukasi masyarakat akan pentingnya Pemilu yang demokrasi dengan memperhatikan nilai – nilai dasar pemilu dan demokrasi kepada pemilih pemula, meningkatkan pedoman meningkatkan demokrasi serta menanamkan rasa kesadaran tentang nilai – nilai melakukan pemilihan yang berdemokrasi,” ujarnya.

Pangemanan juga menyampaikan bahwa, gedung di lantai satu kantor KPUD yang digunakan untuk gudang, namun sekarang ditata kembali dan difungsikan menjadi Rumah Pintar Pemilu (RPP). Fathoni juga menjelaskan bangunan gedung RPP ini terdiri dari 2 bagian, bagian 1 sebagai Rumah Pintar Pemilu, bagian 2 sebagai ruang media Center, bagian 3 .

“RPP merupakan konsep pendidikan pemilih yang didalamnya ada 4 ruang yaitu ruang audio visual, ruang simulasi PPS dan ruang perpustakaan/diskusi. Pengunjung akan sangat nyaman apabila melakukan aktifitasnya karena dilengkapi dengan air counditioner (AC),” ungkapnya.

Bangunan RPP ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, karena memilih merupakan salah satu rasa cinta tanah dan bangsa. Selain itu Pangemanan juga mengharapkan RPP ini bisa menjadi salah satu destinasi edukasi karena berada di dekat pusat kota (Pasar dan Terminal Amurang), orang bisa mampir dulu di RPP untuk mengetahui informasi tentang kepemiluan.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*