Rabu, 14 November 2018

Penilaian Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi, Kelurahan Kairagi Satu

manadomanadoterkini.com, MANADO – Penilaian lomba Kelurahan Tingkat Provinsi kali ini dilaksanakan di Kelurahan Kairagi I, Kecamatan Mapanget dimana perlombaan Kelurahan tersebut dilaksnakan setiap tahun, yang merupakan salah satu instrument dalam mengevaluasi keberhasilan pembangunan dan sekaligus sebagai tolak ukur atas capaian program dalam pembangunan Kelurahan. Partisipasi serta keswadayaan masyarakat dijadikan sebagai piranti dalam pemberdayaan masyarakat sehingga dapat mengakselerasi pembangunan Nasional. Didalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, mengamanatkan bahwa dalam rangka pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan, perlu dilakukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat. Bahwa untuk menilai keberhasilan pembangunan Desa dan Kelurahan perlu dilakukan evaluasi secara terarah, terpadu, terkoordinasi dan berkelanjutan yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan ditingkat regional.

Perlombaan Kelurahan ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong pengutan peran lembaga pemerintah dan masyarakat, serta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan atas prestasi yang telah diraihnya dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasi inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang disampaikan oleh Ketua Tim Penilai Drs Ferdinand C Singal.

Rombongan Tim Penilai diterima oleh Walikota Manado yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Micker Lakat SH.,MH, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado Imelda Markus Bastiaan, Kepala Dinas Sosial Kota Manado Drs Sammy Kaawoan MAP., bersama Camat Mapanget Reyn Heydemans dan Lurah Kairagi I Greatly Goefron

Dalam penilaian ini Ketua Tim Penilai berharap agar perlombaan ini tidak menjadi beban , akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkrit untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu dalam sambutannya Asisten I Micler Lakat menyampaikan bahwa perlombaan Kelurahan ini jangan semata-semata mengejar Juara tapi kedepannya tetap melaksanakan administrasi dengan tertib dan berkelanjutan sehingga pelayanan kepada masyarakat terus dapat ditingkatkan, disamping sinergitas antar lembaga kemasyarakatan yang ada di kelurahan tetap terjalin dengan baik sehingga menjadikan Kelurahan Kairagi dapat menjadi contoh bagi Kelurahan-kelurahan lainnya.

“Harapan kita bersama pelaksanaan lomba Kelurahan ini dapat menjadi daya dorong bagi setiap desa dan kelurahan di Sulawesi Utara untuk berbenah diri, berkembang semakin maju sebagai ujung tombak Pemerintah dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*