Minggu, 19 Agustus 2018

Pelayanan Perijinan DPM PTSP Dalam Hitungan Menit

manadomanadoterkini.com, MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) tak henti menghadirkan inovasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Wakil Wali Kota Mor Bastiaan menyatakan, saat ini sudah ada belasan perizinan yang diselesaikan dalam waktu cepat. “Dalam hitungan menit, pengurusan perizinan bisa selesai. Jika bisa selesai dalam hitungan menit, kenapa harus menunggu selama sehari. Dan itu sudah mulai diterapkan di DPM-PTSP,” ungkap Mor.

Terpisah, Kepala DPM-PTSP Jimmy Rotinsulu menjelaskan, pihaknya menerapkan inovasi layanan tiba berangkat mulai bulan ini. Program ini sendiri digagas guna mempersingkat waktu pengurusan perizinan di kantor tersebut. “Kalau sebelumnya urus izin memakan waktu tiga sampai lima hari, kini melalui layanan Tiba Berangkat, urusan perizinan bisa selesai dalam hitungan menit,” terang Rotinsulu.

Dia mengungkapkan, program Tiba Berangkat ini belum mengcover semua perizinan. Baru beberapa perizinan saja. Seperti SIUP, TDP dan perpanjangan SITU-HO serta beberapa perizinan lainnya. “Layanan ini merupakan satu aplikasi dengan fasilitas internet atau online system. Dan bila semua dokumen yang diperlukan lengkap, dalam hitungan menit suratnya langsung bisa dicetak tanpa menunggu antrean,” jelas Rotinsulu.

Dia berharap, dengan adanya layanan atau program ini, bisa mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan. Pasalnya, program ini memangkas alur birokrasi sehingga warga pemohon tidak perlu menunggu berhari-hari ketika mengurus suatu perizinan. “Kami upayakan dalam hitungan menit selesai,” tandasnya. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*