Kamis, 19 September 2019

Menkominfo Pasang Palapa Ring di Sulut, Nusa Utara Bakal Nikmati Jaringan Internet

sulutmanadoterkini.com, SULUT - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr Jetty Pulu menegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan meninjau langsung proses penggelaran kabel optik bawah laut Proyek Palapa Ring Tengah di Kabupaten Minahasa, pada hari Jumat. 25 Mei 2018.

“Pak Menteri akan menyaksikan penggelaran kabel optik bawah laut Proyek Palapa Ring Tengah ini di daerah laut Mokupa. Jika proyek palapa ring ini sudah beroperasi maka tidak ada lagi daerah yang mengalami blank spot, tidak kesulitan lagi menyangkut komunikasi,” kata Jetty Pulu.

Palapa Ring merupakan proyek lnfrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36000 kilometer dan menjangkau 440 kabupaten/kota.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan pembangunan Palapa Ring yang dibagi menjadi 3 paket pekerjaan yakni, Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur di kabupaten/kota yang tidak Iayak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan operator komersil

Pembangunan Proyek Palapa Ring Tengah tersebar di Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara hingga ke kabupaten Sangihe dengan total panjang serat kabel optik sekitar 2.995 kilometer yang akan menjangkau 27 kabupaten/kota.

Progres Pembangunan Palapa Ring Tengah menurut Pulu sudah mencapai 77.49% dan masuk ke dalam tahap penggelaran kabel optik bawah Iaut di Kabupaten Minahasa. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*