Kamis, 19 September 2019

Sudah Masuk Rekening Bank, Dana BOS Triwulan II Untuk Sekolah di Minsel Siap Cairkan

manadoterkini.com, AMURANG-Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan II untuk ribuan Sekolah yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan segera di cairkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel DR Fietber Raco SPd Mpd kepada sejumlah wartawan. Dia menjelaskan, mulai tahun ini BOS disalurkan langsung pemprov. 15 kabupaten/kota sudah membuat MoU terkait pengawasan.

“Jadi tanpa permintaan Pemprov sudah mengirimkan dana ke bank. Sekolah dapat mengambil dengan rekomendasi dari kami setelah laporan pertanggungjawaban penggunaan BOS sebelumnya dievaluasi,” katanya.

Menurut Dia, tahap ini, total Dana BOS bagi seluruh sekolah yang dibawahi Dikpora Minsel mencapai Rp 5,1 miliar. Dana tersebut sudah disalurkan ke bank. “Jadi kalau sudah ada LPj langsung kita berikan rekomendasi untuk dicairkan. Mulai besok para kepsek sudah bisa memasukkan,” ujarnya.

Nantinya, evaluasi bakal dilakukan secara keseluruhan selama satu tahun seperti yang dilakukan selang dua hari terakhir. “Mayoritas BOS untuk ATK, konsumsi dan persiapan UNBK. Kalau di swasta hampir 50 persen untuk membayar gaji,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Garda Anti Korupsi Sulut Sonny Nayoan SH mengajak orang tua murid ikut mengawal proses pencairan hingga penggunaan. Sehingga bila perencana tidak sesuai dengan realisasi dapat ikut mengingatkan. Bahkan, ketika pertanggungjawaban tak sesuai realisasi di lapangan dapat melaporkan ke institusi berwenang.

“Termasuk bila masih ada pungutan liar (Pungli) yang sebenarnya sudah dicover dana BOS. Ini akan menjadi efektif untuk mengingatkan aparat berwenang yang kurang pro aktif,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*