Kamis, 19 September 2019

DPKP Terapkan Biosecurity Cegah Masuknya Flu Burung

manadomanadoterkini.com, MANADO – Wabah Al Avian Influensa atau yang lebih dikenal dengan Flu Burung melanda  di beberapa daerah Sulawesi Utara. Mengantisipasi masuknya virus yang bisa mengakibatkan kematian pada unggas tersebut, Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan (DPKP) kota Manado melakukan pengawasan serta pencegahan melalui Biosecurity.

Kepala Dinas DPKP kota Manado Ir Nolfie Talumewo kepada manadoterkini.com menyampaikan, pencegahan lalu lintas masuknya unggas dari luar kota Manado serta pengawasan di beberapa usaha peternakan unggas melalui biosecurity.

“Tujuan Biosecurity ini adalah mencegah semua kemungkinan penularan dengan peternakan tertular dan penyebaran penyakit. Penerapan biosecurity pada seluruh sektor peternakan, baik di industri perunggasan atau peternakan lainnya akan mengurangi risiko penyebaran mikro organisme penyebab penyakit yang mengancam sektor tersebut,” Jelasnya.

Ditambahkannya, meskipun biosecurity bukan satu satunya upaya pencegahan terhadap serangan penyakit, namun biosecurity merupakan garis pertahanan pertama terhadap penyakit.

“Biosecurity sangat penting untuk mengendalikan dan mencegah berbagai penyakit yang mematikan,”tutupnya. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*