Rabu, 26 September 2018

Agustus Hingga September Imunisasi Campak Rubella Serentak Digelar di Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO – Imunisasi Measles Rubella atau yang lebik dikenal campak rubella bakal dilakukan di Sulawesi Utara pada Agustus hingga September mendatang, termasuk di kota Manado.

Rencana kegiatan ini terus dimatangkan kalangan terkait, salah satunya dengan menggelar kegiatan Advokasi dan Sosialisasi dalam Rangka Kampanye dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) fase II tahun 2018 di hotel Aston Manado, dengan mengundang stakeholder lintas sektor.

dr Halik Malik dari perwakilan Unicef mengatakan pihaknya mendukung penuh pemerintah di tingkat Propinsi dan kabupaten/kota khususnya dalam pelaksanaan kampanye dan imunisasi MR. Dimana Pemerintah menargetkan 2020 Indonesia bebas campak rubella.

Dia mengungkapkan di Sulawesi Utara (Sulut) ada sekitar 591.755 anak yang menjadi sasaran imunisasi MR. Dirinya mengaku optimis di Sulut khususnya kota Manado dapat mencapai 100 persen anak yang diimunisasi MR.

“Pemenuhan gizi dan imunisasi adalah bagian dari hak setiap anak. Target capaian nasional ditetapkan 95 persen anak dengan ketentuan tidak ada daerah yang berada dibawah angka capaian 80 persen untuk memastikan kampanye ini. Kita optimis di Propinsi Sulawesi utara khususnya kota Manado bisa capat 100 persen anak (yang diimunisasi MR) bahkan lebih,” ucap Malik.

Malik mengapresiasi komitmen dari pemerintah Propinsi Sulut juga pemerintah kota Manado yang serius dalam upaya kampanye dan imunisasi MR.

“Komitmen pemerintah sangat besar untuk suksesnya kampanye campak rubella di Sulut. Hal ini dapat dilihat dari dukungan kebijakan, anggaran, persiapan teknis dan sosialisasi yang masif tidak hanya kepada petugas kesehatan dan masyarakat tetapi juga kepada seluruh sektor baik di pemerintah, ormas, profesi, TNI/POLRI, organisasi agama, sekolah, swasta dan pihak terkait,” tukasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra setda kota Manado, Micler Lakat hadir mewakili walikota GS Vicky Lumentut dalam pertemuan ini. Dia menyatakan dukungan dan komitmen dari pemerintah kota Manado dalam pelaksanaan kampanye dan imunisasi MR.

Diapun berharap semua pihak tak terkecuali dapat menyukseskan kegiatan imunisasi yang akan digelar selama dua bulan nantinya sebagai upaya menciptakan generasi bangsa yang sehat.

Sebagai informasi, campak Rubella ini akan dimulai bulan Agustus di setiap sekolah. Setelah itu pada bulan September di Posyandu dan Puskesmas. Kegiatan ini dilakukan secara penuh selama dua bulan dengan sasaran anak umur 9 bulan hingga 15 tahun.(angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*